Vidya Balan adalah seorang aktris India, yang juga merupakan sarjana lulusan sosiologi. Vidya Balan lahir di Ottapalam, Kecamatan Palakkad, Kerala. Dia mengambil gelar sarjana di St Xavier's College dan melanjutkan kuliah S2 di di University of Mumbai.

Karir aktingnya dimulai saat dia mendaftar audisi film CHAKRAM MALAYALAM bersama Mohanlal. Alih-alih mendapatkan peran dalam film tersebut, dia malah dikontrak untuk bermain dalam film RUN, namun dengan alasan yang kurang jelas. Dengan alasan yang tidak jelas pula, dia langsung diganti oleh Meera Jasmine setelah jadwal syuting pertama. Selanjutnya Meera Jasmine kembali terpilih dalam casting peran selanjutnya, dan Balan kembali tersisih tanpa tahu kenapa dia tersisih.

Merasa kecewa dengan peristiwa tersebut, dia mulai beralih ke iklan televisi. Mulai tahun 1998, Balan banyak muncul dalam berbagai iklan, yang kebanyakan disutradarai oleh Pradeep Sarkar. Dia juga sempat mendapat peran pendukung dalam video musik band-band seperti Euphoria, Shubha Mudgal, dan Pankaj Udhas.

Pada tahun 2003, Balan akhirnya membintangi film berjudul BHALO THEKO. Akibat perannya dalam film tersebut, dia mendapat penghargaan Artis Terbaik dalam ajang Anandalok Puraskar. Selanjutnya dia mulai membuat debut film Hindi dalam PARINEETA, yang akhirnya juga membawanya meraih penghargaan Aktris Terbaik dalam Filmfare Award. Setelah sukses dalam dua film tersebut,semangatnya kembali muncul. Dia mulai menerima banyak tawaran main film, beberapa malah sempat ditolak. Akhirnya dia menerima tawaran bermain bersama Sanjay Dutt dalam film LAGE RAHO MUNNA BHAI. FIlm ini mendaat respon baik di pasaran dan menjadi film terlaris kedua saat itu. Karirnya pun semakin berkembang sejak itu,menjadikannya sebagai bintang yang bersinar dengan berbagai penghargaan yang diterimanya.

Show More ▼



Show More ▼