HOME » SELEBRITI » ASIAN » E » ERU


PERSONAL
Eru adalah nama panggung dari Jo Sung Hyun, penyanyi berdarah Korea Selatan kelahiran Amerika Serikat, 5 Juli 1983. Eru adalah anak bungsu dari dua bersaudara, putra dari penyanyi trot Korea, Tae Jin Ah.


Eru tinggal di New York hingga berusia 7 tahun. Tak lama kemudian, Eru dan keluarganya kembali ke Korea Selatan. Di Korsel, Eru melanjutkan sekolahnya di Seoul American High School.



Sejak kecil Eru bercita-cita menjadi produser dan komposer. Setelah menciptakan beberapa lagu, ia merasa ingin menyanyikan lagunya sendiri. Baru sejak itu ia memutuskan untuk menjadi penyanyi.


Tahun 2003, Eru masuk ke Berklee College of Music di Boston, mengambil konsentrasi Piano. Ketika masa break kuliah, Eru mulai serius menekuni dunia musik di Korea Selatan.


KARIR
Sejak tahun 2003, Eru menyiapkan materi untuk album solonya yang dirilis pada tahun 2005. Dalam album pertamanya ia bekerja sama dengan beberapa musisi seperti Joo Young Hoon, Lee Hyun Jung dan No Young Joo, seorang vocal trainer untuk penyanyi ternama lainnya seperti BoA, Fly to the Sky dan Lee Soo Young. Album yang berjudul BEGIN TO BREATHE ini memilih dua single andalan yaitu Rebirth dan Sorry.



Tahun 2006, Eru merilis album keduanya berjudul LEVEL II. Single pertama dari album ini, Black Glasses, berhasil melejitkan namanya di kalangan anak muda. Tak hanya itu, Black Glasses juga menduduki tangga lagu Korea dan meraih beberapa penghargaan seperti Jokeon's song of the month dan SBS Bonsang Award. 



Sukses dengan single Black Glasses, Eru merilis single keduanya berjudul White Snow. Lagu ini kembali menduduki puncak tangga lagu dan menyabet beberapa penghargaan seperti salah satunya Cyworld's Song of The Month. Video klip lagu ini dibintangi oleh Eru dan Lee Hyun Ji.



Maret 2007, Eru mendapat tawaran untuk bermain dalam film Jepang berjudul THREE TATOOS. Eru sangat antusias dengan tawaran tersebut namun tawaran tersebut ditolak karena ia ingin dikenal sebagai artis Korea.


19 September 2007, ia merilis album ketiga yang diberi judul ERU RETURNS. Album ini berhasil terjual sebanyak 42.228 keping dan menjadi album nomor satu selama Oktober 2007.  Album ini memiliki single andalan berjudul Because We Are Two dan kembali memenangkan SBS Bonsang Award. Setelah Because We Are Two, Eru kemudian merilis single lainnya berjudul Wintering dan Mannequin.



Sejak Mei 2008 hingga 27 Mei 2010 Eru absen dari dunia hiburan karena menunaikan kewajibannya sebagai warga Korea untuk mengikuti kegiatan wajib militer. Sepulangnya dari wajib militer, ia merilis album keempatnya berjudul GOT TO BE yang dirilis pada 23 Agustus 2010.
 

DISKOGRAFI
BEGIN TO BREATHE - 2005
LEVEL II - 2006
ERU RETURNS - 2007
GOT TO BE - 2010
FEEL BRAND NEW - 2011
FEEL BRAND NEW PART 2 - 2012


Show More ▼



Show More ▼