Nama Lengkap
:
Moon Geun Young

Jenis Kelamin
:
Perempuan
Moon Geun Young lahir di Gwangju, Korea Selatan pada tanggal 6 Mei 1987. Alumni Sunkyungkwan University jurusan Sastra Korea ini memulai debutnya sejak tahun 1997. Sebelum terkenal menjadi seorang aktris, ia lebih dulu dikenal sebagai seorang model dan bintang iklan di Korea Selatan. Moon Geun Youngmemulai karir modelnya sejak ia berusia 12 tahun.


Pada tahun 1999, ia mulai memasuki dunia akting dengan mengambil peran dalam drama On The Road, kemudian namanya semakin berkibar setelah ia membintangi drama Autumn Tale pada tahun 2000. Sukses dengan drama bergenre keluarga, pada tahun 2001 ia membintangi serial The Last Empress yang bergenre sejarah. Dalam drama tersebut ia memerankan ratu Myung Sun muda, Moon Geun Youngmasih berusia 14 tahun ketika membintangi drama ini.


Wajahnya yang selalu nampak kekanakan, membuat publik Korea Selatan menjulukinya National Little Sister. Pada tahun 2010, ia membintangi drama Cinderella's Step Sister yang membuat namanya dikenal di seluruh dunia. Dan wajahnya yang awet muda, membuatnya terpilih membintangi serial drama Marry Me Mary. Dalam drama Marry Me Mary ia beradu peran dengan aktor ternama, Jang Geun Seukyang berusia lebih muda daripada dia. Drama ini gagal mencetak sukses di Korea, namun sukses di pasar global.


Moon Geun Young mendapatkan banyak penghargaan atas aktingnya di berbagai serial drama. Salah satunya adalah memenangkan kategori Aktris Terbaik dalam ajang Baeksang Awards ke 44 pada tahun 2009. Pada tahun yang sama, ia nyaris memenangkan penghargaan sebagai bintang terpopuler di Korea, ia hanya kalah tipis (0,1%) dari personel SNSD, Yoona.


Moon Geun Young terkenal akan kemurahan hatinya, ia aktif dalam berbagai acara amal. Namanya beberapa kali tercatat dalam daftar donatur, ia pernah menyumbangkan Rp. 7,1 Milyar untuk lembaga yang berkomitmen untuk mempromosikan acara gemar membaca buku. Ia mendonasikan uangnya secara rahasia melalui ibunya, namun namanya terkuak dalam laporan online yayasan tersebut.
 


 

Show More ▼



Show More ▼