PERSONAL
Amita Marie Young atau lebih dikenal dengan Tata Young adalah penyanyi kelahiran Bangkok, 14 Desember 1980. Tata dari seorang ayah keturunan Amerika dan ibu dari Thailand, memulai karirnya di usia yang sangat muda. Saat ia berusia 11 tahun, lewat lagu One Night Only ia memenangkan kontes Thailand Junior Singing Contest.

KARIR
Debut albumnya pertama kali dikeluarkan pada 1995, AMITA TATA YOUNG, yang berbahasa Thailand. Dan hanya dalam waktu lima bulan, albumnya berhasil mencapai penjualan 1 juta kopi. Kesuksesan ini diikuti dengan diraihnya penghargaan Favorite Singer, Best Album dan Best Music Video dalam Vote Awards 1995.

Selang 2 tahun, pada 1997, Tata merilis album keduanya, AMAZING TATA. Di tahun ini, ia menjadi entertainer muda paling sukses di negaranya, dan mendapat penghargaan Golden Pikkanes God Award. Sukses di dunia menyanyi, Tata mulai melirik dunia akting. Debutnya di layar lebar Thailand, lewat film THE RED BIKE STORY (1997) dan dilanjutkan dengan film O-NEGATIVE dan PLAI TEIN.

Album ketiga Tata dikeluarkan pada 2001 dengan judul self title, TATA YOUNG. Single A-bo-da-be, Tua Saeb, Wan Jai dan Keb Chan Wai Yuen Khang Thoe Tham Mai yang di album ini langsung menjadi top hits di beberapa radio. Dua tahun berikutnya, Tata mengeluarkan album keempatnya, REAL TT (2003). Di album yang menjagokan single Yak Keb Thoe Wai Thang Song Khon dan Super Fan ini, Tata mulai berani menjadi co-producer dan memberikan sentuhan konsep untuk albumnya.

Sukses di Thailand, Tata mulai melebarkan sayapnya untuk go international. Debut internasional dirilis pada 2004, I BELIEVE. Hit single di album ini, Sexy, Naughhty, Bitchy, berhasil merajai tangga lagu di beberapa negara Asia, Hong Kong, Jepang, dan Indonesia. Single berikutnya yang juga jadi top request, I Believe dan Cinderella.

Masih di 2004, Tata mendapat kesempatan untuk mengisi soundtrack sebuah film Bollywood, DHOOM. Single berjudul Dhoom Dhoom,langsung melambung tinggi di Billboards.

2005, Tata meliris albumnya kembali, kali ini diberinya title DANGEROUS TATA. Dan pada 2006, ia mengeluarkan album kompilasi BEST OF TATA YOUNG.

Agustus 2006, Tata merilis album internasional yang kedua, TEMPERATURE RISING. Single utama di album ini El Nin-Yo yang kembali menuai sukses.

Album Thailand keenamnya, ONE LOVE yang dikeluarkan pada awal 2008, dengan single utama One Love dirilis tepat pada hari Valentine. Tak perlu waktu lama, album READY FOR LOVE, yang merupakan album international ketiganya, dirilis pada 25 Agustus 2009. Single jagoan yang ada di album ini yakni, Ready For Love, My Bloody Valentine dan Mission Is You.

Menutup tahun 2009, Tata menggelar konser di Hotel Mulia Senayan, Jakarta Selatan.

DISKOGRAFI
1995 - AMITA TATA YOUNG
1997 - AMAZING TATA
2001 - TATA YOUNG
2003 - REAL TT
2004 - I BELIEVE
2005 - DANGEROUS TATA
2006 - TEMPERATURE RISING
2008 - ONE LOVE
2009 - READY FOR LOVE


FILMOGRAFI
1997 - THE RED BIKE STORY
1998 - O-NEGATIVE
2009 - BITTER/SWEET

Show More ▼