HOME » SELEBRITI » HOLLYWOOD » A » ABBA


ABBA dibentuk di Swedia tahun 1973 oleh Benny Anderson, Bjorn Ulvaeus, Agnetha Faltskog, dan Anni-Frid Lyngstad. Sebelum bergabung sebagai ABBA, ke 4 personel ABBA sudah dikenal publik musik Swedia. Benny adalah vocalist sekaligust keyboardist dari Hep Stars sementara Bjorn adalah guitarist grup Hootenanny Singers. Agnetha sendiri mulai meraih ketenaran saat mendapat peran sebagai Mary Magdalene dalam drama musikal Jesus Christ Superstar. Sementara Annie adalah penyanyi jazz yang tekenal setelah memenangkan festival tingkat nasional di Swedia sana.

Kepopuleran ABBA dimulai saat mereka tampil dalam Eurovision contest walaupun saat itu mereka cuma berada di peringkat 3 saja. Lagu mereka Ring, Ring menjadi hits yang diminati para pendengar. Tahun berikutnya mereka mencoba keberuntungan lagi di Eurovision dan kali ini mereka berhasil meraih tempat pertama dengan lagu mereka Waterloo.

Tahun 1975 mereka merilis S.O.S yang akhirnya menjadi hits tidak hanya di Amerika dan Inggris namun juga di Spanyol dan Jerman. Serangkain hits yang dirilis kemudian seperti Mamma Mia, Fernando, dan Dancing Queen menyusul kesuksesan S.O.S ini. Setahun kemudian mereka sudah merilis Greatest Hits mereka yang pertama.

Kesuksesan ABBA ini berlanjut hingga 1978 saat Benny Anderson dan Anni-Frid Lyngstad memutuskan menikah menyusul pernikahan Bjorn Ulvaeus dan Agnetha Faltskog. Beberapa bulan setelah pernikahan Benny dan Anny, mereka memutuskan bercerai yang akhirnya disusul oleh perceraian Bjorn dan Agnetha. Percerian mereka akhirnya berbuntut bubarnya grup ini.

Setelah bubarnya grup besar ini, masing-masing personel akhirnya disibukkan kegiatan bermusik mereka sendiri-sendiri walaupun tidak satu pun yang mampu mengulang kesuksesan ABBA. Sementara popularitas ABBA sendiri tidak ikut mati dengan bubarnya grup mereka. Lagu-lagu mereka masih sempat dibawakan ulang oleh grup atau penyanyi lain.

Show More ▼



Show More ▼