Personal
Avenged Sevenfold adalah grup musik yang awalnya beraliran heavy metal. Belakangan, grup yang dibentuk di Huntington Beach, California pada 1999 ini berubah aliran menjadi pop. Personelnya terdiri atas M. Shadows (vokal), Synyster Gates (lead guitar), Zacky Vengeance (guitar), Johnny Christ (bass), dan The Reverend (drum). Serta dua mantan personelnya Dameon Ash dan Justin Sane yang telah hengkang dari grup ini.

Band ini terus mengeksplorasi suara baru dengan mengeluarkan yang berjudul Avenged Sevenfold dan menikmati kesuksesan mainstream lanjutan sampai akhirnya pada tanggal 28 Desember 2009, Avenged Sevenfold berduka. Sang drummer, The Reverend atau bernama asli James Owen Sullivan meninggal.

Ia ditemukan sudah tak bernyawa di rumahnya, kawasan Huntington Beach. Berdasarkan hasil otopsi, Sullivan dinyatakan meninggal karena penyakit jantung dan dampak gabungan dari obat dan alkohol di tubuhnya pada tahun 2009. Berita ini sempat membuat banyak insan musik, termasuk sahabat Sullivan, Zacky Vegeance sangat berduka.

Meskipun demikian, band ini melanjutkan dengan bantuan kemudian mantan drummer Dream Theater, Mike Portnoy untuk merilis dan melakukan tur dalam mendukung Nightmare, album kelima mereka pada tahun 2010 yang memulai debutnya di tempat atas, Billboard 200 yang berada di tempat pertama.

Saat ini personil yang masih aktif adalah M. Shadows (lead vocals), Zacky Vengeance (rhythm guitar, backing vocals), Synyster Gates (lead guitar, piano, backing vocals). Johnny Christ (bass, backing vocals)


Karir
Walaupun telah terbentuk sejak tahun 1999, namun album pertama Avenged Sevenfold, yang berjudul SOUNDING THE SEVENTH TRUMPET baru dirilis tahun 2002. Peluncuran album ini disusul album kedua WAKING THE FALLEN (2003). Dalam album kedua grup ini tampil bersama Xl Rose, Kylie Minogue dan Chris Cornell. Disusul kemudian album CITY OF EVIL (2005) dan AVENGED SEVENFOLD (2007).

Grup yang pernah mangung di Jakarta pada 7 Agustus 2007 itu, belakangan memilih jalur musik pop. Hal ini, konon setelah menuai kritik akibat banyak karyanya 'mengadopsi' efek suara yang telah hit sebelumnya. Mereka mengaku heavy metal tidak cocok bagi dirinya, dan lebih menyukai musik pop.

Sejak itu, band ini terus berkarya dan menelurkan berbagai album yang cukup sukses diterima di pasaran. Di Indonesia sendiri, Avenged Sevenfold populer dengan singelnya yang berjudul Dear God yang sempat menjadi single terlaris di pasaran musik Indonesia.

Sesaat setelah itu, kabar duka tentang meninggalnya Sullivan cukup mempengaruhi karir Avenged Sevenfold. Band ini seolah sangat terpukul dengan kepergian salah satu personilnya tersebut. Namun setahun kemudian, suasana duka tersebut teraktualisasi dalam sebuah karya yang bertajuk NIGHMARE. Salah satu singlenya, Nightmare, sempat merajai pasaran dengan meraih peringkat pertama dalam tangga Billboard.

Diskografi
* SOUNDING THE SEVENTH TRUMPET (2001)
* WAKING THE FALLEN (2003)
* CITY OF EVIL (2005)
* AVENGED SEVENFOLD (2007)
* LIVE IN THE LBC & DIAMONDS IN THE ROUGH (2008)
* NIGHTMARE (2010)

Show More ▼



Show More ▼