Di awal tahun 1981, Lars Ulrich sang drummer memasang iklan dalam sebuah koran setempat mencari personil untuk membentuk sebuah band. Iklan ini mendapat sambutan dari James Hetfield yang dengan segera bergabung dengan band yang belum punya nama ini.

Formasi awal dari Metallica adalah Lars Ulrich (drums), James Hetfield (vocal/ guitar), Dave Mustaine (guitar), Ron McGovney (bass). Formasi awal ini dengan segera berganti lantaran Lars dan James merasa tak sejalan dengan Dave dan Ron.

Posisi gitaris dan basis dengan segera digantikan oleh Kirk Hammett dan Cliff Burton. Formasi ini kemudian merilis album pertama mereka KILL 'EM ALL. Secara komersial album pertama dan album kedua mereka, RIDE THE LIGHTNING tak bisa dibilang sukses.

Baru saat Metallica melepas album ketiga mereka MASTER OF PUPPETS, kesuksesan mulai datang. Album ini adalah album pertama Metallica yang berhasil meraih gold album. Bahkan tahun 2003 kemarin, album ini sudah meraih 6 platinum album.

Tahun 1987, Jason Newsted bergabung dengan Metallica lantaran Cliff Burton meninggal dalam sebuah kecelakaan di Swedia. Formasi ini sempat bertahan lama hingga Jason memutuskan undur diri tahun 2001 kemarin. Saat mengerjakan album ke-8 mereka ST. ANGER posisi basis terpaksa diisi oleh produser mereka Bob Rock.

Setelah menghabiskan waktu 3 bulan mencari pengganti Jason, akhirnya Robert Trujillo lah yang dipilih sebagai basis. Dengan formasi ini, Metallica akhirnya merekam album ke-9 mereka DEATH MAGNETIC yang rencananya akan dilepas September nanti.

Show More ▼



Show More ▼