PERSONAL


Philip Phillips bernama lengkap Phillip LaDon Phillips, Jr. Ia lahir di Georgia, Amerika Serikat pada tanggal 20 September 1990. Ia dikenal setelah berhasil memenangkan ajang bergengsi AMERICAN IDOL season 11.


Ia adalah anak dari pasangan Georgia to Sheryl and Phillip LaDon "Donnie" Phillips, Sr. Ia tumbuh di Sasser dan Leesburg. Ia juga merupakan lulusan dari Albany Technical College dengan jurusan Teknologi Sistem Industri. Tetapi karena sedang mengikuti AMERICAN IDOL, ia melewatkan momen dimana ia seharusnya menghadiri upacara kelulusannya. Ia juga bekerja pada toko milik keluarganya.


Ia juga pernah mengikuti ajang serupa seperti AMERICAN IDOL, yaitu AMERICAN'S GOT TALENT. Tetapi ia tidak sempat mencapai posisi final. 


Ia mempunyai kelainan pada posisi ginjal miliknya yang membuatnya memproduksi batu besar dalam ginjalnya. Namun, setelah memenangkan AMERICAN IDOL, ia sudah menjalani operasi untuk menghilangkan batu tersebut. 


Baru-baru saja, setelah ia resmi menjadi pemenang AMERICAN IDOL, ia merilis albumnya yang berjudul Philip Phillips: Journey to The Finale yang rilis pada akhir mei kemarin.


KARIR


Phillips mulai bernyanyi pada usia 14 tahun. Ia dimentori oleh kakak iparnya yang bernama Benjamin Neil. Pada tahun 2009, ia membentuk Philip Phillips Band bersama Neil dan Todd Urick, yang juga kakak iparnya, dan sempat mengisi beberapa event lokal di tempat mereka tinggal. 


Pada tahun 2010, ia sempat memenangkan kompetisi menyanyi lokal bernama Albany Star. 


Pria yang menggemari Jonny Lang ini menyebut musiknya sebagai Jazz Rock Alternative. Ia juga mengidolakan  John Butler, Dave Matthews dan Damien Rice juga Mumford & Sons and Tool.


Sebelum mengikuti AMERICAN IDOL, ia juga sempat mengikuti audisi AMERICAN'S GOT TALENT, tetapi ia tidak berhasil lolos sampai final.


Pada 23 februari 2012, ia terpilih sebagai salah satu dari 25 semi-finalis AMERICAN IDOL. Dan kemudian lolos maju ke Top 13. Saat di AMERICAN IDOL, ia sempat menjalani 8 kali operasi pengangkatan batu yang ada di ginjalnya. 


Ia berhasil maju ke Grand Final bersanding dengan Jessica Sanchez dan menjadi pemenang setelah memecahkan rekor voting 132 juta suara. Single-nya yang berjudul Home langsung rilis setelah penampilannya tersebut. Single-nya meraih penjualan terlaris setelah penobatannya sebagai pemenang AMERICAN IDOL.


DISKOGRAFI


Album:


2012 Philip Phillips: Journey to the Finale


Single:


Home


PENGHARGAAN


Winner American Idol season 11


 


Oleh: Dyan Saryani

Show More ▼