PERSONAL

Pria bernama lengkap Robert Thomas-Pattinson ini terlahir di London, Inggris pada tanggal 13 Mei 1986.

Setelah berbagai macam rumor tentang kedekatan Robert dengan Kristen Stewart, akhirnya pada pertengahan Juni 2009, mereka terpergok tengah menjalin sebuah hubungan spesial. Kabarnya, Stewart nekad memutuskan hubungannya dengan kekasihnya terdahulu, demi bisa menjalin hubungan dengan Robert.


Sayangnya hubungan antara Robert dan Stewart harus berakhir pada bulan Juli 2012 setelah berita perselingkuhan Stewart beredar. Setelah sebelumnya menyangkal, Stewart akhirnya memberi pernyataan permohonan maaf atas perselingkuhan yang ia lakukan dengan Rupert Sanders, sutradara film SNOW WHITE AND THE HUNTSMAN.

KARIR

Meski sudah sempat membintangi banyak film, namun karir Robert baru benar-benar menanjak saat ia membintangi film berjudul TWILIGHT yang sebenarnya diadaptasi dari sebuah novel dengan judul sama.

Awalnya, Robert hanyalah pekerja belakang layar di sebuah teater bernama Barnes Theatre Company. Dari sini, minat Robert pada seni peran mulai muncul. Ia pun lantas mencoba untuk menekuni bidang ini dengan mengambil pendidikan formal di bidang seni peran.

Keberuntungan tampaknya berpihak pada pria ini. Tak lama kemudian sebuah talent agency melihat bakat pada diri Robert dan mengajaknya ikut berperan dalam produksi drama TESS OF THE D'URBERVILLES.

Dari panggung teater, Robert mulai masuk ke dunia televisi dengan menjadi pemeran pembantu dalam beberapa film termasuk RING OF THE NIBELUNGS, THE HAUNTED AIRMAN, dan THE BAD MOTHER'S HANDBOOK.

Tahun 2007 lalu, Robert kebagian peran sebagai Cedric Diggory dalam film layar lebar HARRY POTTER AND THE ORDER OF THE PHOENIX. Film inilah yang kemudian mengantarnya menjadi pemeran utama dalam film TWILIGHT yang berkisah tentang seorang vampir yang baik hati.

Pada awal 2010, Pattinson dinobatkan menjadi Pria Berpakaian Terbaik menurut majalah GQ, menggeser pamor beberapa pria lain, seperti Daniel Craig dan David Beckham.

Beberapa film baru setelah TWILIGHT juga sempat dibintangi Robert di tahun 2010, dan beberapa diantaranya mengharuskannya beradegan seks dengan beberapa wanita, seperti Uma Thurman dan Emilie De Ravin. Film-film ini adalah REMEMBER ME dan BEL AMI.

Rupanya bukan hanya tawaran film yang mampir kepada Robert. Kemampuan musikal yang ditunjukkannya pada soundtrack film TWILIGHT menarik beberapa produser untuk membiayai karirnya di bidang vokal. Simon Cowell, produser terkenal, menawarinya proses pembuatan album, yang sayangnya ditolak oleh Pattinson.

Sang vampir remaja dalam TWILIGHT inipun menjadi bintang dalam sebuah komik yang diproduksi oleh Bluewater Comic. Banyak sisi menarik yang tidak banyak diketahui dari Pattinson diangkat dalam komik biografi ini.

Bukan hanya komik biografi yang akan mengabadikan prestasi Robert. Pada Maret 2010, patung lilin bintang tampan ini dipajang di museim Madame Tussauds, London. Patung Robert diletakkan di tempat yang sama dengan aktor kawakan lainnya, Johnny Depp dan George Clooney.

Robert juga dikabarkan akan sekali lagi membintangi TWILIGHT SAGA: BREAKING DAWN yang akan dibuat menjadi dua film. Semua peran Edward Cullen, sang vampir remaja yang dibintanginya membawa namanya dan Kristen Stewart sebagai pemeran utama ke jajaran selebritii paling berpengaruh versi Forbes.

FILMOGRAFI

*2004 Vanity Fair
*2004 Ring of the Nibelungs
*2005 Harry Potter and the Goblet of Fire
*2006 The Haunted Airman
*2007 The Bad Mother's Handbook
*2007 Harry Potter and the Order of the Phoenix
*2008 How To Be
*2008 Twilight
*2009 Litttle Ashes
*2009 The Twilight Saga: New Moon
*2010 Remember Me
*2010 The Twilight Saga: Eclipse
*2011 Bel Ami (dalam proses)
*2011 Water for Elephants (pre-produksi)
*2011 Unbound Captives (pre-produksi)

PENGHARGAAN

*Strasbourg Film Festival Award untuk Best Actor
* Hollywood Film Award untuk New Hollywood
* MTV Movie Award untuk Breakthrough Performance Male
* MTV Movie Award untuk Best Kiss (dengan Kristen Stewart)
* MTV Movie Award untuk Best Fight (dengan Cam Gigandet)
* People's Choice Award untuk Favourite On-Screen-Team (dengan: Taylor Lautner and Kristen Stewart)
* Scream Award untuk Best Fantasy Actor
* Teen Choice Award untuk Choice Hottie
* Teen Choice Award untuk Choice Movie Actor Drama
* Teen Choice Award untuk Movie Liplock (dengan Kristen Stewart)
* Teen Choice Award untuk Choice Movie Rumble (dengan Cam Gigandet)
* Dinominasikan - Empire Award untuk Best Newcomer
* Dinominasikan - People's Choice Award untuk Favourite Movie Actor
Nominated - Scream Award untuk Best Ensemble Cast

Show More ▼



Show More ▼