PERSONAL
Shania Twain lahir dengan nama Eilleen Regina Edwards di Windsor, Ontario, Kanada pada tanggal 28 Agustus 1965. Selain dikenal sebagai penyanyi, dia juga dikenal sebagai seorang pencipta lagu yang berkebangsaan Kanada. Di dunia musik, kiprahnya sudah terbukti luar biasa.

Wanita yang lahir dari pasangan Sharon dan Clarence Edwards ini sempat menikah dengan Robert John "Mutt" Lange pada 28 Desember 1993. Sayangnya pernikahan yang telah dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Eja D'Angelo ini harus berakhir. Penyebabnya adalh perselingkuhan antara Lange dengan sahabat baik Shania Twain sendiri yang bernama Marie-Anne Thiebaud. Mereka resmi bercerai pada 9 Juni 2010.

20 Desember 2010, manager Twain mengumumkan bahwa Twain telah memutuskan untuk bertunangan dengan seorang pengusaha asal Swiss bernama Frederic Thiebaud, yang merupakan mantan suami Marie-Anne Thiebaud. Akhirnya keduanya menikah pada 1 Januari 2011 di Rincón, Puerto Rico.

Belakangan diketahui bahwa perceraiannya dengan Robert John "Mutt" Lange ternyata membawa dampak negatif pada dirinya. Vegetarian yang juga mendalami Sant Mant ini merasa tertekan akan kejadian tersebut, bahkan Shania mengaku kesulitan menyanyi meski dirinya sudah menikah lagi.

KARIR
Vokalis yang sempat ngetop lewat tembang You're Still the One ini memang bukan orang baru di dunia tarik suara. Mengawali karir sedari masih kecil membawa penyanyi bernama asli Eilleen Regina Edwards mengisi acara The Tommy Hunter Show di usia 13 tahun.

Prestasinya terbukti ketika album ketiganya yang bertajuk COME ON OVER menjadi album penyanyi wanita terlaris sepanjang masa sekaligus menjadi album country terlaris sepanjang masa. Saat itu albumnya berhasil terjual lebih dari 40 juta kopi di seluruh dunia dan menjadi album terlaris kesembilan di U.S. Sedangkan album keempatnya, bertajuk Up! dirilis akhir 2002, sampai saat ini telah terjual lebih dari 20 juta di seluruh dunia.

Shania sempat meninggalkan dunia yang dicintainya ini lantaran harus mengurus kedua adiknya. Kedua orang tua Shania meninggal dalam sebuah kecelakaan saat Shania berusia 22 tahun. Tahun 1991 menjadi awal baru buat wanita yang kemudian mengadopsi nama Shania yang artinya 'Aku Datang' dalam bahasa Indian Ojibwa. Saat ini juga Shania berhasil mendapatkan kontrak rekaman dari Mercury Nashville.

Album pertama Shania ini berlalu tanpa ada kesan sama sekali. Namun di album keduanya, Shania langsung jadi pusat perhatian lantaran album berjudul THE WOMAN IN ME ini berhasil memecahkan rekor penjualan tertinggi. Album ini pula yang berhasil membuat Shania meraih Grammy Award sebagai Best Country Album.

Shania Twain juga tercatat sebagai satu-satunya wanita yang berhasil meraih Diamond dari 3 albumnya. Sejak berkarir, Shania Twain sudah melepas tak kurang dari 5 studio album dan 1 Greatest Hits.

DISKOGRAFI
Album
1993: SHANIA TWAIN
1995: THE WOMAN IN ME
1997: COME ON OVER
2002: UP!

Album Kompilasi
2001: THE COMPLETE LIMELIGHT SESSIONS
2004: GREATEST HITS

Show More ▼



Show More ▼