Sum 41 dibentuk di Ontario, Canada tahun 1996 oleh Deryck Whibley dan Steve Jocz. Grup in sempat memakai nama Kaspir sebelum akhirnya memutuskan bahwa Sum 41 lebih cocok buat mereka.

Album pertama mereka HALF HOUR OF POWER dirilis Island Records tahun 2000 dan berhasil meraih platinum hanya dari penjualan di Canada saja. Album berikutnya yang dirilis 1 tahun kemudian malah berhasil meraih 3 platinum. Album bertitel ALL KILLER NO FILLER ini masih dirilis oleh Island Records.

Warna musik Sum 41 banyak dipengaruhi oleh NOFX dan The Beastie Boys walaupun mereka menyebut juga Judas Priest dan Iron Maiden sebagai sumber inspirasi mereka. Namun pada album CHUCK yang terasa lebih berat dan serius bila dibanding 3 album terdahulu, Sum 41 menyebut Metallica sebagai salah satu pengaruh dalam bermusik mereka.

Walaupun warna punk terasa cukup kuat pada lagu-lagu mereka, jenis musik yang mereka mainkan masih sering diperdebatkan para fans. Mungkin karena musik mereka yang merupakan perpaduan dari banyak aliran musik.

Dengan formasi terakhir Deryck Whibley (vokal), Richard Roy (Bas), dan Steve Jocz (Drum) Sum 41 terakhir merilis album 2007 kemarin dengan judul UNDERCLASS HERO.

Show More ▼



Show More ▼