THE IRON MAIDENS

Grup

The Iron Maidens

PERSONAL
The Iron Maiden adalah band heavy metal yang begitu melegenda hingga sekarang. Didirikan sejak tahun 1975 di Inggris, hingga saat ini belum ada band heavy metal yang mampu melampaui kepopuleran band bentukan Steve Harris ini.



Bongkar pasang personel yang umumnya terjadi di band - band lain pun tidak terelakkan di band ini. Hingga saat ini band ini telah mengalami 4 kali pergantian vokalis dan belasan kali pergantian gitaris dan sekarang The Iron Maiden digawangi oleh Steve Harris (bassis, backing vocal), Dave Murray (gitaris), Bruce Dickinson (lead vocals), Nicko McBrain (drummer), dan Janick Gers (gitaris).



The Iron Maiden mempunyai sebuah maskot yang dijuluki Eddie atau Eddie The Head. Eddie adalah sebuah action figure yang berwujud menyerupai zombie dan selalu ditampilkan dalam setiap aksi panggung dan sampul album The Iron Maiden.
Nama The Iron Maiden diciptakan oleh Steven Harris karena ia terinspirasi dari sebuah film yang diadaptasi dari novel berjudul THE MAN IN THE IRON MASK garapan Alexandre Dumas. Judul ini pun mempunyai hubungan dengan kata - kata iron maiden torture device.



KARIR
Sejarah bermusik The Iron Maiden dimulai saat Steven Harris keluar dari band terdahulunya yaitu Smiler tepat pada hari Natal tahun 1975. Ia kemudian membentuk The Iron Maiden dan mulai memperkenalkan band ini dengan bermain di pub - pub  Inggris setelah sebelumnya ia merekrut beberapa temannya seperti Paul Day yang kemudian digantikan oleh Dennis Wilcock, Dave Murray, Dave Sullivan, dan Terry Rance.



Ketenaran pun cepat diperoleh oleh band ini dalam kurun wantu 3 tahun hingga membuat dualisme dalam band antara Dennis Wilcock dkk dan Steve Harris dengan Dave Murray. Akhirnya, Steve Harris pun mempertahankan band ini dengan mulai merekrut beberapa anggota baru seperti Tony Moore, Barry Purkis, dan Doug Sampson.



Album pertama The Iron Maiden pun keluar pada tahun 1980. Album yang bertajuk IRON MAIDEN ini terdiri dari lagu - lagu seperti Running Free, Transylvania, Phantom of The Opera, dan Sanctuary yang langsung menjadi lagu kebangsaan para pecinta musik hardcore.



Sejak saat itu, The Iron Maiden tercatat telah menelurkan belasan album dan album yang pertama kali menandai kesuksesan band ini adalah album berjudul THE NUMBER OF THE BEAST tahun 1982. Sejak peluncurannya, album ini langsung menduduki tangga pertama UK Album Chart dan juga menjadi lagu hit di berbagai negara. Album ini pulalah yang memancing isu yang menyebutkan bahwa The Iron Maiden menganut paham satanisme  akibat judul albumnya. Nyatanya, di kemudian hari isu ini terbukti tidak benar dan malah melambungkan publisitas The Iron Maiden.



Di antara keempat vokalis The Iron Maiden, nama Bruce Dickinson lah yang paling meleganda. Ia merupakan seorang penyanyi dan juga pilot. Ia bahkan mengendarai sendiri pesawat yang membawa band ini untuk melakukan konser di Jakarta tahun 2011 lalu. Dickinson bergabung dengan The Iron Maiden pada tahun 1981 setelah meninggalkan bandnya yaitu Samson. Ia kemudian keluar dari The Iron Maiden tahun 1993 dan kembali bergabung lagi sejak tahun 1993 hingga sekarang.



Terakhir, band ini mengeluarkan album kelima belas mereka yaitu THE FINAL FRONTIER tahun 2010. Album yang dirilis di 3 negara yaitu Jerman, Austria, dan Finlandia secara serentak ini memasang lagu berjudul El Dorado sebagai lagu andalannya.



DISKOGRAFI
- Iron Maiden (1980)
- Killers (1981)
- The Number of the Beast (1982)
- Piece of Mind (1983)
- Powerslave (1984)
- Somewhere in Time (1986)
- Seventh Son of a Seventh Son (1988)
- No Prayer for the Dying (1990)
- Fear of the Dark (1992)
- The X Factor (1995)
- Virtual XI (1998)
- Brave New World (2000)
- Dance of Death (2003)
- A Matter of Life and Death (2006)
- The Final Frontier (2010)

Show More ▼