ABDAS BAND

Grup

Abdas Band
Abdas Band berasal dari kawasan Indonesia timur, tepatnya di KotaTernate, Maluku Utara, bukan berarti musik pop rock yang diusung Abdas tertinggal dibanding band asal pulau Jawa.

Beberapa lagu ciptaan Ichal, sang gitaris, di antaranya Hancur dan Selamat Tinggal diwarnai aransemen nada distorsi dan melodi gitar sehingga memunculkan karakter yang cukup berani, dikolaborasikan suara lembut vokaslinya, Rheno, membuat musik mereka indah. Sesuai karakter orang timur yang pemberani, namun berhati lembut.

Nama Abdas yang berarti mata air yang berada di puncak Gunung Gamalama Ternate ini sangat mengerti selera pasar. Itu dibuktikan dengan lagu karya mereka yang lain lebih mengedepankan aransemen dengan nada yang sederhana dan easy listening.

Pada hits single WYL (Wanita Yang Lain) walau lebih kental distorsi dan melodi gitar disambung keyboard sebagai additional player, tetap mudah diterima kuping yang awam mendengarkan musik band yang digawangi Ichal (gitar), Reno (vokal), Joe (bass) dan Dhana (drum).

Paduan dari beberapa musik gitar, drum, bass dan keyboard yang dicampur cukup apik dalam menata musik hingga terasa jernih. Itu cerminan Abdas, band kumpulan anak-anak belia yang punya pengalaman bermusik.

Ichal yang lebih ngerock dan penyuka Vertical Horizon ini banyak menciptakan lirik lagu. Rheno yang kepincut suara John Mayer punya karakter vokal yang khas untuk Abdas. Dhana yang dipercayakan sebagai penggebuk drum mengaku sangat menggilai permainan drum Eno ‘Netral’ dan Joe terbiasa mendengarkan lagu-lagu Slank dari kecil.

Dengan referensi masing-masing personel, pantas jika Abdas sebetulnya punya pondasi musik rock cukup kuat. Namun karena ingin sepenarian dengan selera pasar, maka dicari win-win solution alias mencari tengahnya, dan lahirlah musik Abdas yang pop rock dengan setuhan minimalis.

Sumber: www.flickr.com

Show More ▼