PERSONAL
Anang Hermansyah dikenal sebagai seorang musisi dan pekerja musik, selain dikenal sebagai suami dari penyanyi Ashanty. Pria kelahiran Jember, Jawa Timur, 18 Maret 1969 itu, telah menciptakan lagu, baik yang dinyanyikan sendiri maupun orang lain.

Sebelumnya Anang pernah menikahi penyanyi Krisdayanti, tepatnya pada 22 Agustus 1996 dengan dikaruniai Titania Aurelie Nurhermansyah dan Azriel Akbar Hermansyah.

Anang mengajukan talak cerai atas Krisdayanti pada 19 Agustus 2009. Baru pada Kamis, 22 Oktober 2009, Pengadilan Agama Jakarta Selatan memutuskan perceraian mereka.

Awal November 2009, Anang sempat sedikit bermasalah dengan wartawan. Kala itu Anang sedang tidak ingin diwawancarai, namun karena sang pewarta hiburan tetap mengambil gambarnya, maka Anang pun naik pitam. Dan langsung mengancam untuk membanting kamera wartawan. Menurut pengacara Anang, Elsie Lontoh, emosi Anang dikarenakan anaknya juga merasa terganggu dengan kegiatan yang dilakukan wartawan.

Menjadi duda, membuat kedekatan Anang dengan beberapa wanita memunculkan berita gosip. Ia dikabarkan akan segera mengakhiri masa dudanya. Penyanyi yang tengah ia orbitkan, Windy dan artis Marcella Zalianty sempat diberitakan sebagai calon istrinya, namun berita ini pun dibantahnya.

Hubungan profesionalnya dengan Syahrini juga sempat menjadi pemberitaan massal, karena kemesraan yang ditunjukkan keduanya. Pasangan duet ini pun sempat menghebohkan publik, ketika Anang mencium kening Syahrini setelah mereka berduet dalam acara Dahsyatnya Awards 2010. Anang mengaku ciuman tersebut adalah bentuk apresiasi kepada Syahrini yang telah menjadi partner yang baik.

Lepas dari Syahrini, musisi tenar ini lantas menggaet Ashanty. Tak hanya dalam urusan bisnis rekaman saja, pada akhirnya Anang dan Ashanty pun menjalin hubungan serius. Seperti halnya Syahrini, pasangan duet Anang kali ini pun punya hubungan yang cukup dekat dengan anak-anak Anang dari pernikahannya dengan Krisdayanti. Nampaknya, Ashanty adalah tambatan hati Anang.

Anang dan Ashanty resmi pacaran, dengan ditandai pernyataan cinta Anang di acara musik Dahsyat pada Selasa 26 April 2011. Ashanty pun merespon positif ungkapan hati Anang.

Mereka sempat mengumumkan akan menggelar acara lamaran pada 28 September 2011. Namun sayang, sepertinya mereka belum diizinkan untuk melangkah lebih jauh.

Pasca batalnya acara lamaran itu, hubungan Anang dan Ashanty semakin dekat. Mereka pun lagi-lagi mengumumkan rencananya yang akan menggelar lamaran pada pertengahan Februari 2012. Kali ini benar-benar terbukti, mereka menggelar acara lamaran di Hotel Shangrilla, Jakarta, Sabtu (24/02/2012).

Pernikahan mereka digelar Sabtu, 12 Mei 2012 di Masjid Al-Bina, Jakarta dan resepsi diselenggarakan seminggu kemudian, Sabtu, 20 Mei di Hotel Shangri-La, Jakarta. 


Kemudian, rentetan prosesi pun dilanjutkan dengan acar ngunduh mantu yang diadakan di kampung halaman Anang, Jember. Prosesi Ngunduh Mantu pun dilaksanakan dengan meriah pada tanggal 6 Juli 2012.



KARIR

Sebelum setenar sekarang, Anang tergabung dalam sebuah band bernama Kidnap yang didirikan setelah perkenalannya dengan Pay Siburian, gitaris BIP, yang saat itu masih bergabung dengan Slank. Anang bergaul akrab dengan Gang Potlot, yang akhirnya menelurkan album Katrina bersama Kidnap.

Lagu-lagu yang pernah dirilis Anang, di antaranya Mata Cinta (2003), Makin Aku Cinta (2000), Makin Aku Cinta (2000), Kasih (1999), Tania (1999), Buah Hati (1998) dan Cinta (1996).

Kini pria yang sukses menggelar konser 3 Diva ini menjadi salah satu juri untuk acara adu bakat yang disiarkan RCTI, Indonesia Idol 2007.

Selepas bercerai, Anang kembali aktif di dunia musik tanah air. Pertengahan September 2009, ia merilis album terbarunya, ANANG. Dalam album self title ini berisi 6 lagu, Separuh Jiwaku Pergi, Belajarlah Untuk Cinta, Hujan Pun Menangis, Sakit, Bila Cinta Tak Dosa, serta Hidup Ini Rahasia.

Memasuki 2010, Anang kembali dipercaya untuk duduk sebagai salah satu juri di ajang pencarian bakat, INDONESIAN IDOL 2010.

Setelah beberapa saat menyembunyikan teman duetnya untuk menggantikan sosok Krisdayanti, akhirnya Anang menggandeng penyanyi seksi Syahrini sebagai pasangan bernyanyinya. Mereka pun sering kali tampak mesra saat bernyanyi dan hal itu diakui sebagai sebuah pendalaman lagu oleh mereka berdua. Anang dan Syahrini juga akan meluncurkan mini album duet yang berisi lagu-lagu duet mereka.

Anang dan Syahrini membuat video klip untuk single duet mereka Jangan Memilih Aku yang diwarnai dengan kontroversi karena identitas Syahrini yang disembunyikan. Lagu tersebut dibuat dengan menunjukkan kemesraan keduanya, yang ditanggapi sebagai profesionalisme saja.

Pada ulang tahunnya yang ke-41, Anang sempat menjadi pemberitaan media sekali lagi karena kedekatannya dengan Syahrini. Selain itu, di hari bahagianya ini, Anang mengumumkan keterlibatannya sebagai owner importmusik,com yang awalnya dicetuskan oleh Indra Lesmana. Anang juga bekerja sama dengan beberapa orang yang berpengaruh dalam dunia periklanan di Indonesia, seperti Iman Sastrosaptono dan Triaman Munaf (ayah Sherina).

Pada pertengahan April 2010, Anang bersama pasangan duetnya Syahrini mengakhiri pembuatan video klip kedua mereka, Cinta Terakhir, yang dilangsungkan di Bali. Kawasan Pantai Seminyak dan kawasan wisata air Tanjung Benoa, Nusa Dua, Bali, menjadi tempat yang terpilih untuk video klip yang sekali lagi mempertontonkan kemesraan keduanya.

Penampilan mereka yang cemerlang pada Mega Konser April Terindah RCTI pada 22 April 2010 membawa kesuksesan sekali lagi pada karir mereka. Konsep yang digarap dengan apik membawa penampilan yang sangat indah bagi keduanya, dengan Syahrini yang duduk di atas piano putih penuh taburan mawar merah.

Karir Anang bersama Syahrini pun mulai merambah negara tetangga, dengan diluncurkannya album JANGAN MEMILIH AKU di Kuala Lumpur pada Senin, 24 Mei 2010.

Menyambut Ramadan 2010, Anang kembali meluncurkan album religius yang sekali lagi digarapnya bersama Syahrini, yang video klipnya akan segera dibuat pada akhir Juli 2010.

Saat ini Anang sedang sibuk dengan proyek duet dengan istrinya, Ashanty, serta menggandeng Aurel memasuki dunia musik. Anang juga berencana menyiapkan solo karir Ashanty dan Aurel.

DISKOGRAFI

Album Solo
* TANIA
* BIARKANLAH
* MELAYANG
* JATIDIRI
* MATA CINTA

Bersama Krisdayanti:
* KASIH
* BUAH HATI (1999)
* MAKIN AKU CINTA (2001)
* MENUJU TERANG (2002)
* SEPULUH TAHUN PERTAMA (2006)
* SELUSIN (2009)

Show More ▼



Show More ▼