PERSONAL
Andika Mahesa atau Mahesa Andika Setiawan dikenal sebagai vokalis dari grup band beraliran melayu, Kangen Band. Andika yang yatim piatu ini adalah salah satu dari personil Kangen Band yang tak selamat dari terali besi karena terjerat kasus narkoba.

Sebelumnya, pada bulan Juni 2010, Andika juga pernah berurusan dengan polisi terkait kasus pemukulan yang dilakukannya pada teman sekampungnya sendiri yang dicurigai mengambil laptop miliknya. Atas kejadian ini, Andika pun ditetapkan sebagai tersangka penganiayaan dan dikenakan hukuman wajib lapor setiap hari Senin dan Kamis.

Karena tak puas akan hukuman yang dijatuhkan pada Andika, korban kemudian kembali mendatangi Polda. Kasus ini kemudian berlarut-larut sampai pada bulan November 2010 Andika divonis 7 bulan penjara. Namun sampai Desember, kasus ini masih terus berlanjut.

Masih belum selesai kasusnya dengan teman sekampungnya, Andika sudah ditimpa masalah lagi. Di bulan Desember 2010 juga, sang istri, Ade Bunga, yang mengaku diterlantarkan tiba-tiba menggugat cerai Andika, seiring dengan beredarnya foto Andika dengan wanita lain.


 


 


 


Perceraian Andika dengan istrinya Bunga pun terjadi lantaran Andika tidak lagi memberikan nafkah lahir dan batin kepada anak dan istrinya tersebut. Selain itu, sempat diberitakan pula bahwa sang istri Bunga, juga telah mempunyai kekasih lain


 


 


 


16 Desember 2011, Andika diputus bersalah oleh Majelis Hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Timur dan dijatuhi hukuman 4 bulan penjara dengan masa percobaan selama 8 bulan. Kasus ini juga membuat Andika habis-habisan materi. Pasalnya, selama kasus masih digantung, Andika tidak bisa menerima job manggung dan tak mendapat penghasilan.


 


 


 


Bertubi-tubi masalah yang menimpanya, yang paling berat adalah tuduhan penggunaan narkoba yang mengarah pada dirinya di awal tahun 2011. Bersamaan dengan dimulainya proses perceraian Andika dengan sang istri, sejak Januari dia pun harus menjalani pemeriksaan terkait masalah ini.

Maret 2011 dari hasil periksa laboratorium, Andika terbukti mengonsumsi ganja. Bersama personil Kangen Band yang lain, Izzy, Andika harus menjalani rehabilitasi di Lido, Sukabumi dan dibebaskan dari jeratan hukum kasus narkoba.

Setelah dua bulan menjalani rehabilitasi, Andika dan Izzy resmi ditahan di Rumah Tahanan Cabang Salemba, Kejaksaan Negeri Jakarta Timur pada hari Rabu, 11 Mei 2011, setelah dilakukannya penyerahan tahap dua berkasnya dari Badan Narkotika Nasional ke kejaksaan.

KARIR
Pria asal Lampung tergabung dalam grup Kangen Band yang terbentuk pada tahun 2005. Band yang beranggotakan Andika, Dodhy, Tama, Iim, Bebe dan Izzy ini mulai merilis album pada tahun 2007. Nama mereka langsung meroket dengan lagu-lagu yang easy listening dan mudah melekat di ingatan orang.

Andika bersama bandnya kemudian terus berkarya hingga berhasil menelurkan lima album sampai tahun 2011. Produktifitas mereka memang sangat laju, dan tak ada album mereka yang tak naik daun.

Hingga pada tanggal 11 Maret 2011, seluruh anggota Kangen Band, Dodhy, Andika, Tama, Lim, Nory, dan Barry, ditangkap atas tuduhan pemakaian narkoba. Satu dari enam anggota bebas dari narkoba berdasarkan hasil tes urine. Andika dan Izzy ditahan sedangkan anggota yang lain bebas dari tuduhan. Akhir tahun 2011 nama Kangen Band baru muncul lagi.


 


Melalui surat pengunduran diri yang dibuatnya pada tanggal 22 Juni 2012, Andhika memutuskan untuk keluar dari band yang telah membesarkan namanya ini. Kemudian, ia memutuskan untuk mengejar impiannya dalam bersolo karir.


 



DISKOGRAFI (Bersama Kangen Band)
TENTANG AKU KAU DAN DIA (2007)
CINTA YANG SEMPURNA (REPACK) (2008)
BINTANG 14 HARI (2008)
PUJAAN HATI (2009)
JANGAN BERTENGKAR (2011)

Show More ▼



Show More ▼