PERSONAL
Angelina Patricia Pingkan Sondakh lahir di Australia, pada tanggal 28 Desember 1977. Dia dikenal sebagai Puteri Indonesia 2001 asal Sulawesi Utara. Pada Pemilu 2004, dia berhasil terpilih sebagai Anggota DPR Republik Indonesia dari Partai Demokrat.

Hubungan yang dijalin Angie bersama Adjie akhirnya diresmikan dalam ikatan pernikahan. Angie yang telah menjadi mualaf ini, pada akhir 2008 telah menikah dengan Adjie secara islami. Dan pada 29 April 2009 mereka resmi menjadi suami istri di hadapan negara.

Meski belum mau melakukan konfirmasi terkait berita pernikahannya secara resmi, namun dari saksi yang menghadiri pernikahannya, didapat keterangan, Adjie dan Angie telah menikah pada 28 September 2008. Saat ini, Angie tengah hamil empat bulan.

Tepat pada Rabu (09/09/09), Angie melahirkan bayi pertamanya di RS Brawijaya Women and Children, Jakarta. Bayi laki-laki yang diberi nama Keanu Jabaar Massaid dilahirkan Angie secara caesar dengan berat bayi 3,92 kg dan panjang bayi 55 cm.

Pernikahannya dengan Adjie Massaid berakhir setelah Adjie meninggal dunia pada 5 Februari 2011.

KARIR
Angelina Patricia Pingkan Sondakh, lebih dikenal dengan Angelina Sondakh adalah Puteri Indonesia 2001. Angie, demikian biasa dipanggil, dianggap memperlihatkan sosok perempuan jenius dan memilih kancah politik sebagai 'ladang' aktualisasinya. Ini berbeda dengan beberapa Puteri Indonesia sebelumnya yang banyak mengaktualisasikan diri di panggung akting dan musik.

Melalui Partai Demokrat, Angie mengawali karir politiknya. Dan pada pemilu 2004, dia berhasil masuk menjadi anggota legislatif lewat partai yang memboyong Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden RI. Bersamaan dengan dirinya, bintang sinetron Adjie Massaid juga berhasil menjadi anggota DPR-RI lewat partai yang sama.

Kiprah penulis buku Kecantikan, Bukan Modal Utama Saya di Komisi X DPR-RI semakin membuktikan bahwa perempuan keturunan Manado ini tidak hanya bermodal tampang. Selain itu Angie juga dinobatkan sebagai Duta Orang Utang, Duta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan juga Duta Batik.

Kiprah Angie di dunia politik makin mantap dengan dilantiknya dia pada November 2008 sebagai pengurus DPP KNPI periode 2008-2011. Angie menjabat sebagai Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan. Angie juga kembali mencalonkan diri sebagai caleg untuk Pemilu 2009.

KASUS HUKUM
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Angelina Sondakh sebagai tersangka baru kasus suap proyek pembangunan Wisma Atlet Jakabaring, Palembang. Ketua KPK, Abraham Samad telah mengumumkan tersangka baru ini dalam sebuah jumpa pers singkat yang digelar di KPK, pada hari Jumat, 3 Februari 2012. Dia dijerat dengan pasal 5 ayat 2, atau pasal 11, atau pasal 12 huruf a UU 31/1999 sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Setelah ditetapkan menjadi tersangka, Angelina Sondakh menjadi saksi dalam persidangan dengan terdakwa Muhammad Nazarudin yang digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Kuningan, Jakarta, Rabu 15 Februari 2012. Namun kemudian, tim kuasa hukum Muhammad Nazaruddin melaporkan Angie ke Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa 21 Februari 2012 siang. Ia dilaporkan karena dinilai memberikan kesaksian bohong saat menjadi saksi di Nazaruddin. Ia kemudian diancam tujuh tahun penjara.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menahan artis Angelina Sondakh dalam kasus suap pembangunan Wisma Atlet. Dia digiring menuju mobil tahanan KPK dengan sebuah pengawalan ketat, setelah pada hari Jumat, 27 April 2012 menjalani pemeriksaan pertama sejak statusnya sebagai tersangka.

Show More ▼



Show More ▼