HOME » SELEBRITI » INDONESIA » B » BIP


BIP merupakan grup musik yang dibentuk oleh Parlin Burman/Pay (gitar), Bongky Marcel Ismail/Bongky (bass), dan Indra Chandra Setiadi/Indra (keyboard) sesuai inisial nama mereka. BIP resmi berdiri tanggal 20 April 2000 di acara reuni Potlot yang diadakan di GOR Saparua, Bandung, empat tahun setelah Bongky, Indra, dan Pay hengkang dari Slank. Sebelum membentuk BIP, para personel jebolan Slank itu pernah membentuk grup band Sablenk (Saya Bekas Anak Slank).

Awal berdiri, BIP diperkuat oleh Jaka Hidayat (drum) dan Irang Perdana Arkad (vokal). Dengan formasi tersebut, mereka merilis dua album, TURUN DARI LANGIT (2001) yang mengandalkan lagu Skak Mat dan serta album MIN PLUS (2002) di bawah PT EMI Music Indonesia.

Saat merilis album THE BEST OF BIP pada bulan April 2003, BIP mengumumkan pengunduran diri Irang. Album yang berisi 14 tembang itu sekaligus menjadi perpisahan bagi Irang. Di album tersebut, Irang masih mengisi vokal pada lagu terbaru BIP, yaitu Ternyata Harus Memilih dan Bosen.

Irfan Fahri Lazuardy alias Ipang, mantan vokalis grup band Plastik masuk menggantikan posisi Irang. Dengan formasi baru, BIP merilis album UDARA SEGAR (2004) di bawah Forte Record.

Setelah vakum selama kurang lebih enam tahun, akhirnya pada 26 November 2010 BIP mengeluarkan album baru mereka yang bertajuk BERANGKAT di bawah naungan Fame Music.

DISKOGRAFI
ALBUM STUDIO
TURUN DARI LANGIT (2001)
MIN PLUS (2002)
UDARA SEGAR (2004)
BERANGKAT (2010)

ALBUM KOMPILASI
THE BEST OF (2003)

Show More ▼



Show More ▼