Camelia Malik tumbuh menjadi bintang besar melalui seni peran film layar lebar, yang memang mengalir dari darah ayahnya, Jamaluddin Malik, seorang sutradara dan pengusaha film. Debut perannya dimulai lewat film RATNA, yang dibintanginya saat usianya masih 16 tahun, bersama aktor Rachmat Kartolo.

Menyusul kemudian sejumlah film yang membuat namanya semakin akrab di mata masyarakat, seperti Nada-Nada Rindu, Jaka Swara (bersama Rhoma Irama), Laki-Laki Pilihan, Lorong Hitam, Dalam Sinar Matamu, Mencari Ayah, Pacar Ketinggalan Kereta, Para Perintis Kemerdekaan, Di Bawah Lindungan Ka'bah dan film Gengsi Dong yang dibintanginya bersama Warkop DKI.

Perempuan kelahiran Jakarta, 22 April 1955 ini, kemudian mengembangkan bakatnya di dunia tarik suara. Usahanya pun berbuah hasil yang menggembirakan, dalam bentuk sambutan masyarakat dan kesuksesan albumnya di pasaran. Mia, demikian biasa disapa mendapat julukan sebagai Diva Dangdut Jaipong, setelah setiap lagunya memasukkan unsur tarian jaipong, yang memang menjadi hobby-nya.

Mia yang berdarah keturunan Padang-Jawa-Arab ini mengawali karir menyanyi pada 1970-an, saat suaminya saat itu, Reynold Panggabean, mengajaknya menyanyikan lagu karyanya, Colak-colek. Lagu perdana tersebut berhasil melambungkan nama adik tiri dari musisi rock Ahmad Albar itu ke dalam deretan penyanyi top dangdut.

Mia yang pernah terpilih sebagai biduanita Melayu terpopuler 1978-1981 itu, secara berurutan kemudian merilis album suksesnya , seperti Raba-raba (1980), Ceplas-ceplos, Gengsi Dong, Wakuncar, Murah Meriah, Colak Colek II dan Rekayasa Cinta (2002). Lagu-lagu tersebut telah menjadi legenda, dan hingga kini masih kerap dibawakan oleh banyak penyanyi.

Terkait kehidupan pribadinya, Mia pernah menikah dengan salah seorang personel grup The Mercys, Reynold Panggabean, meski keduannya hanya bertahan selama 12 tahun, dan resmi bercerai pada 2 Maret 1989. Mia kemudian menikah dengan bintang film Harry Capri, yang bertemu saat membintangi film RONA-RONA, sekaligus atas saran penyanyi dangdut Rhoma Irama.


FILMOGRAFI
PENDEKAR BAMBU KUNING (1971)
RATNA (1971)
LORONG HITAM (1971)
ANGKARA MURKA (1972)
LAKI-LAKI PILIHAN (1973)
BATAS IMPIAN (1974)
MENCARI AYAH (1974)
PARA PERINTIS KEMERDEKAAN (1977)
COLAK-COLEK (1979)
JANGAN COBA RABA-RABA (1980)
GENGSI DONG (1980) - (BERSAMA WARKOP DKI)
NADA-NADA RINDU (1987)
PACAR KETINGGALAN KERETA (1989)
JAKA SWARA (1990)
DALAM SINAR MATAMU
DI BAWAH LINDUNGAN KA'BAH


DISKOGRAFI
COLAK-COLEK (1979)
RABA-RABA (1980)
CEPLAS-CEPLOS
GENGSI DONG
WAKUNCAR
MURAH MERIAH
COLAK COLEK II
REKAYASA CINTA (2002)

Show More ▼



Show More ▼