Chris John adalah petinju kenamaan Indonesia. Berbagai prestasi baik di dalam negeri maupun tingkat dunia berhasil ditorehnya. Termasuk prestasi membanggakan sebagai salah satu petinju Indonesia yang berhasil meraih gelar juara dunia.

Lahir di keluarga petinju, membuat pemilik nama asli Yohannes Christian John telah 'berkenalan' dengan dunia tinju sejak usia 5 tahun di bawah bimbingan ayahnya, Johan Tjahjadi (Tjia Foek Sem), seorang mantan petinju amatir.

Petinju kelahiran 14 September 1979 ini mulai bergelut di dunia tinju profesional pada tahun 1998. Pemilik julukan The Dragon ini meraih gelar juara pertamanya dalam debut melawan Firman Kanda dan berhasil mengalahkan lawan hanya dalam 6 ronde.

Nama Chris John semakin melambung. Berikutnya, ia semakin percaya diri dalam melibas semua lawan-lawannya. Sampai tibalah kesempatan emas datang kepadanya, ia harus menantang Oscar Lenon dari Kolombia pada 26 Spetember 2003 di Bali. Ia berhasil menyandang gelar juara dunia oleh WBA.

Suami dari Anna Maria Megawati ini kembali harus mempertahankan gelar juara dunia pada 24 Oktober 2008 dengan melawan Hiroyuki Enoki. Meski harus menderita luka di bawah mata kiri dan atas mata kanan, sehingga harus menjalani operasi kecil di RS MMC, Jakarta, ayah dari Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani berhasil mempertahankan gelarnya.

Pada pertandingan teranyar, 28 Februari 2009 ia melawan Ricardo Rocky Juarez di Houston, Texas, Amerika Serikat. Dari hasil ini bintang iklan produk Extra Joss dan Kuku Bima Energ-G ini mendapat hasil imbang.

Show More ▼



Show More ▼