PERSONAL
Dorce Gamalama terlahir dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi di Solok, Sumatra Barat, 21 Juli 1963. Dorce telah berkecimpung dalam profesinya sebagai komedian, pembawa acara, aktris dan musisi.

Putra pasangan Achmad dan Dalifah itu, sejak usia satu tahun telah ditinggal kedua orangtuanya, setelah meninggal dunia dan dirinya kemudian diasuh oleh neneknya, Siti Darama, yang kemudian mengajaknya berpindah ke Jakarta saat berusia dua tahun.

Dia usia remaja, dirinya juga mulai menyadari kecenderungan tertarik pada pria. Hal ini juga dimanfaatkannya dengan penampilannya yang berdandan ala perempuan selama di atas panggung. Saat itulah, dirinya mendapatkan nama panggilan Dorce Ashadi dari Myrna pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls.

Dalam perjalanannya, Dorce semakin menikmati 'perannya' sebagai seorang perempuan, dirinya kemudian memutuskan untuk operasi ganti kelamin di rumah sakit di Surabaya. Walaupun mendapat tentangan dari berbagai pihak, keinginan Dorce terus berjalan, bahkan dari kontroversi itu Dorce semakin dikenal.

Sementara nama Gamalama, diperolehnya saat melakukan perjalanan ke Ternate bersama Benyamin Suaeb (Alm), di mana dirinya melihat gunung Gamalama. Begitu pun setelah melaksanakan ibadah haji, Dorce menambahkan nama Halimatussadiyah.

Saat ini Dorce telah mengadopsi tiga anak, bernama Rizky, Fatimah dan Khadijah. Meski dirinya juga memiliki sejumlah panti asuhan, yang memiliki ribuan anak asuh.

KARIR
Karir bermusiknya diawali saat tampil menyanyi bersama kelompok Bambang Brothers waktu dirinya masih Sekolah Dasar (SD). Dan saat duduk di bangku SMP, dirinya tidak lagi tertarik untuk mengikuti pelajaran sekolah dan lebih memusatkan pada karirnya sebagai menyanyi.

Dorce muncul menjadi objek pemberitaan, dirinya kerap muncul di TVRI, yang saat itu menjadi satu-satunya stasiun TV yang melakukan siaran. Disusul banyaknya undangan menyanyi ke berbagai daerah, dan penampilannya membintangi film DORCE SOK AKRAB, DORCE KETEMU JODOH dan sejumlah kontrak rekaman.

Dorce yang kini masuk dalam daftar presenter papan atas dan setiap hari tampil di stasiun TV itu, juga pernah meraih book record Museum Record Indonesia (MURI), setelah meluncurkan sembilan album sekaligus hanya dalam waktu lima bulan. Album yang melibatkan 74 artis itu, menempatkan Dorce masuk di posisi 1883 dalam daftar penerima penghargaan MURI.

FILMOGRAFI
* DORCE SOK AKRAB (1989)
* DORCE KETEMU JODOH (1990)
* MAS SUKA, MASUKIN AJA-BESAR KECIL I'TS OKAY (2008)
* HANTU BIANG KEROK (2009)

Show More ▼



Show More ▼