Eko Patrio memiliki nama lengkap Eko Indro Purnomo, lahir di Kurung Lor, Tanjung Anom, Nganjuk, Jawa Timur, 30 Desember 1970. Eko mengawali karirnya sebagai seorang pelawak lewat grup lawaknya Patrio, yang saat itu hanya dikontrak oleh TPI.

Dalam grup tersebut Eko bersama Akri Patrio dan Parto Patrio, mengocok pengemarnya lewat acara humor televisi Ngelaba. Acara yang hingga kini masih tetap tayang itu, menjadi trade mark bagi sukses ketiga sahabat tersebut. Bahkan dalam sebuah kontrak dengan manajemen TPI, mereka hanya bisa tampil bertiga di TPI, namun untuk tampil terpisah di stasiun lain diperbolehkan.

Putra pasangan mandor konveksi Sumarsono dan penjahit Sumini ini, hijrah ke Jakarta bersama orang tuanya saat dia masih berusia 40 hari, dengan menumpang di rumah kerabat ibunya di Kebun Pala, Tubagus Angke, Jakarta Barat. Baru beberapa beberapa bulan, setelah ayahnya bekerja, kemudian keluarganya mengontrak sebuah rumah sendiri.

Eko kecil berkembang dengan kebandelannya di lingkungan keluarga yang sederhana. Seiring berkembangnya waktu ayahnya berhasil memiliki sebuah toko dan angkutan kota. Sayang saat Eko beranjak remaja, usaha ayahnya bangkrut.

Saat masih SMU, Eko bersama dua temannya Jejen dan Tejo membentuk grup lawak Seboel (Sekelompok Bocah Eling). Bersama grup tersebut, dirinya sering mengikuti lomba lawak di antaranya pernah menjadi juara saat lomba yang diselenggarakan radio Suara Kejayaan (SK), di mana saat itu Didin Bagito dan Miing Bagito sebagai ketua panitianya, sementara Dono, Kasino, Indro sebagai jurinya.

Karena kesibukan kuliahnya Eko, kemudian meninggalkan Seboel dan kemudian berkesempatan menjadi penyiar radio. Saat itulah dirinya kemudian dipertemukan dengan Ulfa Dwiyanti, Akri dan Parto yang sama-sama penyiar.

Bersama Akri dan Eko, tepatnya 10 Oktober 2004, mendirikan Patrio yang merupakan kependekan dari Parto, Akri dan Eko.

Sukses sebagai komedian, Eko menerima tawaran sebagai presenter acara gosip selebritis KISS (Kisah Seputar Selebritis), di mana awalnya dirinya hanya sebagai presenter tamu saja. Saat itu KISS masih dipegang Indra Sefera dan Anjasmara.

Hingga kini, Eko tetap eksis sebagai pelawak dan juga menjadi presenter sejumlah acara televisi. Bahkan saat ini Eko juga disibukkan dengan usaha rumah produksi Komando dan usahanya di bidang penerbitan.

Eko menikah dengan Viona Rosalinda pada 12 Oktober 2001. Dari perkawinan mereka dikaruniai tiga orang anak, masing-masing Syawal Adrevi Putra Purnomo, Naila Ayu dan Cannavaro Adrevi Putra Purnomo.

Sibuk di dunia hiburan, ternyata masih belum cukup bagi Eko. Dalam Pemilu 2009, Eko maju sebagai calon legislatif (caleg) dari Partai Amanat Nasional.

Show More ▼



Show More ▼