ELIA KADAM

Perempuan, Islam
25 November 1928, Jakarta
Tanggal Meninggal: 02 November 2009
Elia Kadam
PERSONAL
Elia Kadam, penyanyi kelahiran Jakarta, 25 November 1928 merupakan salah satu pelopor musik dangdut di tanah air. Saat itu, musik dangdut kurang diminati, kemunculan Elia dengan single dangdut Boneka Dari India pada tahun 1956, mampu menghipnotis penikmat musik Indonesia.

Dalam kehidupan pribadi, Elia pernah dinikahkan kala ia masih sangat muda, yakni saat ia masih berusia 14 tahun. Dari pernikahan ini, ia dikaruniai 2 anak dan 14 cucu. Sang suami, Kadam Ali, dari nama suaminya ini, ia menggunakan nama Elia Kadam, namun ia memilih berpisah dengan suaminya.

Senin, 2 November 2009, Elia menghembuskan nafasnya yang terakhir pada usia 81 tahun. Diduga kematian ini akibat penyakiit diabetes yang telah dideritanya sejak awal 2009. Almarhum dimakamkan di TPU Menteng Pulo, Casablanca, Jaksel pada Selasa, 3 November 2009.

KARIR
Awal mula karirnya, Elia mendapat tentangan dari kedua orang tuanya, karena ia seorang janda. Namun hal itu tak membuatnya berkecil hati, ia mulai bernyanyi dari kampung ke kampung, hingga ia menjadi bergabung dengan orkes Sinar Muda, yang membawanya bertemu tokoh-tokoh Melayu, salah satunya Husein Bawafie yang mengajaknya rekaman.

Lagu Boneka Dari India sendiri diciptakan oleh Elia yang sedang jenuh dengan lagu-lagu kebanyakan, selain ia adalah pengagum film-film India. Sejak saat itu, nama Elia mulai dikenal publik. Ditambah lagi, ketika tampil di atas panggung, ia selalu memiliki ciri khas, yakni pakaian ala India.

Selain Boneka Dari India, beberapa lagu yang juga hasil ciptaan pemilik nama asli Siti Alya Husnah ini antara lain, Kau Pergi Tanpa Pesan, Termenung, dan Pengertian.

Tak hanya menekuni dunia tarik suara, Elia juga sempat membintangi sejumlah film, seperti BENYAMIN BIANG KEROK (1972) dan BING SLAMET SETAN DJALANAN (1972).

Show More ▼