Gruvi adalah salah satu band Indonesia yang mengusung genre musik light jazz dengan pendekatan pop dan groove yang kental. Gruvi sendiri merupakan bentukan baru dari Groovology yang pernah didirikan personil-personil Gruvi pada 2002. Groovology sendiri bermetamorfosis menjadi Gruvi pada tahun 2009, yang benar-benar berbeda dengan genre musik awal mereka yang mengusung jazz.

Sebelum menjadi Gruvi, Groovology beranggotakan Ari Pramundito (gitar), Bibus (piano), Derry (drum), dan Tendra (bas). Namun setelah proses bongkar pasang, band ini sepakat untuk mengubah nama mereka menjadi Gruvi dan terdiri dari Ari (vokal, elektrik dan akustik gitar), Bibus (vokal dan vokal latar), Derry (drum dan perkusi), Tendra (bas dan vokal latar), serta Yudhistira (piano dan kibor). Untuk personil sendiri, Gruvi terbilang cukup unik karena mereka memberi 'warna' pada tiap personilnya, yaitu merah (Bibus), kuning (Ari), ungu (Derry), hijau (Tendra) dan biru (Yudhis).

Perubahan ini pun disebabkan karena mereka menganggap musik yang mereka bawakan dulu cukup berat diterima masyarakat luas. Album pertama Gruvi sendiri diluncurkan di Jakarta pada 1 Januari 2009, bertajuk sama, Gruvi, dan album kedua menyusul tepat setahun kemudian, bertajuk Gruvi Bilang Cinta, yang dirilis pada 1 Januari 2010.

Gruvi bernaung pada Universal Music Indonesia dan menunjuk Satrio dan Jmono dari Alexa sebagai produser mereka.

Show More ▼



Show More ▼