HELMY YAHYA

Laki-Laki, Islam
06 Maret 1963, Palembang, Sumatera Selatan
Helmy Yahya
PERSONAL
Helmy Yahya lahir di Palembang, Sumatera Selatan, 6 Maret 1963. Helmy, demikian biasa dipanggil, adalah presenter, penulis serta creator quiz dan program televisi.

Sementara terkait kehidupan pribadi, Helmy adalah bungsu dengan empat saudara, masing-masing adalah Wardia Yahya (56), Alimin Yahya (52), Dalilah Yahya (47) dan presenter Tantowi Yahya (42).

Helmi sendiri adalah suami dari Harfansi Yahya, dan memiliki tiga orang anak, Rendy Faraitody Yahya (16), Amerigo Salim Yahya (10), Saskia Rachelly Yahya (6).

Helmy yang pernah meraih Panasonic Award, Presenter Kuis Pria Terbaik itu, 'nyaris' bercerai dengan istrinya. Namun karena pertimbangan keluarga dan anak-anaknya, perceraian itu pun batal terjadi.

Mei 2009, Helmy menggugat cerai istrinya karena perselingkuhan yang dilakukan istrinya, Harfansi Yahya. 21 Mei 2009 dini hari, Helmy memergoki sang istri, Aci, tengah berada di rumah mereka di Bintaro dengan seorang pria. Akhirnya, Helmy memutuskan untuk mengadukan sang istri malam itu serta menggugat cerai istri yang telah memberi 4 orang anak itu.

6 Juni 2009, Helmy resmi bercerai dengan Aci, dan Helmy mendapat hak asuh keempat anaknya. Sedangkan terkait dengan kasus perselingkuhan yang diduga dilakukan oleh Aci, akhirnya Helmy tidak memperpanjang masalah ini. Ia mencabut laporannya pada pertengahan Juni 2009. 11 Juni 2009, Helmy menikahkan putra pertamanya, Rendy Faraithody Yahya. Pada pernikahan ini, sang mantan istri tak tampak hadir di sana.

Mengais rezeki di dunia hiburan, ternyata diikuti oleh sang anak. Tody, salah satu anak Helmy memilih mengikuti jejak ayahnya dengan membentuk band, AOP, yang juga diorbitkan oleh Helmy.

Ternyata menjadi duda tidak perlu dirasakan lama-lama oleh Helmy, karena di awal 2010, tepatnya pada 15 Januari, ia melamar kekasihnya, yang merupakan mantan mahasiswinya, Febriyani Sofyan.

Sementara akad nikahnya dilakukan pada Minggu, 17 Januari, bertempat di Crowne Plaza, Sapphire Room. Dalam balutan busana adat Palembang, Helmy resmi mempersunting Febri sebagai istrinya dengan mas kawin uang sejumlah Rp.17.012.010 serta seperangkat alat sholat. Karena Febri berdarah Minang, maka setelah menikah Helmy akan memperoleh gelar kehormatan, Bagindo Sati.

KARIR
Pria yang pernah menempuh pendidikan di STAN ini mendapat julukan sebagai raja Kuis Indonesia, setelah seniornya Ani Sumadi. Karena banyak menelurkan kuis-kuis kreatif rancangannya sendiri dan kuis adaptasi dari kuiz luar negeri. Beberapa kuis yang menjadi karyanya di antaranya, Pesona Nada (TVRI), Kuis Berpacu Dalam Melodi (TVRI, 1989-1998), Kuis Aksara Bermakna (TVRI, 1989-1996), Kuis Siapa Dia (TVRI, 1992-1998), Kuis Tak Tik Boom (RCTI, 1992), Kuis Aksara Bermakna (ANTV, 1997), Kuis Joshua (Indosiar, 1999-2001), Kuis Siapa Berani (Indosiar, 2000 - 2005), dan lain-lain.

Selain itu beberapa reality show dan acara-acara live televisi pun menjadi hasil karyanya. Di antara program tersebut adalah, Asli Apa Palsu (Asal) (SCTV), Mimpi Kali Yee…, (SCTV), Menembus Batas (ANTV), Playboy Kabel (SCTV), Uang Kaget (RCTI, 2004 - 2006), Tolooong (SCTV), Penghuni Terakhir (ANTV), Bedah Rumah (RCTI), Nikah Gratis, (RCTI), Asal Plesetan (ANTV), dan lain-lain

Show More ▼



Show More ▼