PERSONAL
Ian Kasela atau lengkapnya Iandhika Mulya Ramadhan, adalah personel grup musik Radja yang dibentuk bersama rekan-rekannya pada 17 Maret 2001. Pria kelahiran Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 17 September 1976 itu, bersama Moldy (gitaris), Shuma (bassist) dan Adit (drummer) populer dengan hit-hit Radja. Dengan album-album di antaranya, Lepas Masa Lalu, Manusia Biasa, Langkah Baru, Aku Ada Karena Kau Ada, 1000 Bulan dan 6 Untuk Semua.

Ian menikah dengan Lusiana Novianti dan memiliki 2 orang anak, Muhamad Farry Hugo Noviandi dan Muhammad Farel Noviandika. Rumah tangga keduanya mendapat ujian pada pertengahan tahun 2007 ketika Novianti sedang mengandung anak kedua. Ian dituduh melakukan pemerkosaan kepada Poppy Gisela Liony. Bahkan Ian sempat menerima protes dari radjaku, sebutan penggemar radja.

Akibat kasus tersebut, Radjaku bertekad akan memboikot penampilan Radja, baik di televisi maupun di konser-konser, serta tidak akan mendengarkan lagu-lagu Radja yang diputar di radio. Kasus pemerkosaan tersebut mendapat sorotan yang cukup tajam, karena sebelumnya, akhir 2006, Ian pernah dikabarkan melakukan pelecehan pada penyanyi dangdut Indah Sari, meski kasusnya tidak melebar seperti kasus Poppy.

KARIR
Perjuangan Ian menjadi tenar seperti sekarang merupakan perjalanan yang panjang. Hanya berbekal kemampuan vokal, Ian pun hijrah ke Jakarta setelah lulus SMA tahun 1993, menyusul kakaknya, Moldy. Moldy tinggal di Jakarta sejak tahun 1990 dan menjadi additional player serta pengatur sound di grup musik terkenal saat itu, U Camp. Keberuntungan menghampiri Ian, U Camp membutuhkan backing vocal dan Ian ditawari untuk mengisinya.

Setelah 3 tahun menjadi penyanyi latar, dan seorang produser melihat potensi suara Ian dan menawarinya untuk rekaman. Album pertama Ian, TAK MAU SENDIRI berisi 10 lagu yang diproduseri oleh Metrotama Record beredar di pasaran. Sayang karena kurangnya promosi, album ini tak seperti yang diharapkan.

Tak patah semangat, setahun kemudian, tahun 1997, Ian masuk dapur rekaman kembali dan mengeluarkan album keduanya MELAYANG berisi 10 lagu yang diproduksi Gita Gemilang. Ian juga rekaman album kompilasi bertajuk CINTA NEGERI SERUMPUN (1997) yang diproduksi Satria Kurnia Utama Record. Dalam salah satunya lagu, Ian duet dengan lady rocker era 80-an, Sylvia Saartje. Penjualan kedua album ini juga bernasib sama seperti album perdananya.

Ian memutuskan untuk jeda sejenak dari dapur rekaman, dan mengikuti Moldy bermain di kafe-kafe. Pada tahun 2001, Ian dan Moldy dengan mengajak serta Shuma dan Adit membentuk Radja pada 17 Maret 2001. Sejak itu, perlahan tapi pasti nama Ian pun ternagkat seiring dengan kesuksesan Radja berkiprah di dunia musik.

Dalam perjalanan karirnya, Ian juga pernah berperan dalam sinetron dan menjadi bintang tamu untuk sejumlah acara. Selain menjadi musisi, Ian juga memberanikan diri untuk terjun ke dunia bisnis. Ia mencoba mendirikan salon. Namun 2 tahun berlalu, bisnisnya ini gagal karena ia tak bisa membagi waktunya. Tapi Ian tak menyerah dalam menjajal bisnis, ia kemudian beralih bisnis travel haji dan umroh di Banjarmasin.

DISKOGRAFI
1997 TAK MAU SENDIRI
1998 MELAYANG
1999 CINTA NEGERI SERUMPUN
2007 LIGHT FRON HEAVEN

Show More ▼



Show More ▼