Java Jive adalah grup band asal Bandung yang beranggotakan Capung, Noey, Tony, Edwin, Fatur, dan Danny. Java Jive dibentuk pada tahun 1989 oleh sekelompok anak muda yang duduk di bangku SMAN 2 Bandung. Edwin Saleh (dram) dan Noey (bas) sepakat membentuk grup band dengan nama Java Jive yang diambil dari salah satu judul lagu kelompok vokal Manhattan Transfer.

Formasi Java Jive akhirnya lengkap setelah Micko (gitar), Tony (kibor), Fatur (perkusi/vokal), Danny (vokal) dan Neta (vokal) bergabung dengan Edwin dan Noey. Sayang, satu-satunya personel cewek Java Jive, Neta mengundurkan diri pada tahun 1991.

Capung masuk melengkapi formasi Java Jive menggantikan Micko yang hengkang ke Protonema. Dengan formasi itulah, Java Jive rekaman album pertama mereka dengan Musica Studio's yang melejitkan tembang Kau Yang Terindah dari album yang berjudul sama.

Java Jive kemudian merilis album GERANGAN CINTA, BUAH HATI, dan DIA (1999).

Fatur sempat menyatakan keluar pada tahun 2000, dan Java Jive pun dikabarkan bubar. Namun di tahun 2006, Java Jive mengeluarkan album The Best mereka yang bertajuk 1993-2006.

Tahun 2008, sembilan tahun setelah mereka merilis album keempat, Java Jive kembali lagi dengan formasi lengkap 6 orang dan merilis album terbaru mereka STAY GOLD. Saat perilisan album akhirnya diketahui salah satu alasan mereka vakum adalah akibat ketergantungan Danny terhadap obat-obatan terlarang.

Show More ▼



Show More ▼