PERSONAL


Karni Ilyas yang bernama lengkap Sukarni Ilyas, lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat pada tanggal 25 September 1952. Ia kian dikenal ketika ia mulai membawakan acara  JAKARTA LAWYER CLUB yang ditayangkan di TVOne. 


Pria yang telah berumur 54 tahun ini dianggap bertangan dingin dalam mengelola media. Ia sempat bergabung dalam Suara Karya, Majalah Tempo dan Forum Keadilan. Ia juga pernah beberapa menjadikan media di mana ia bergabung menjadi nomor di masanya.


Ia dikenal kritis terhadap pemerintah. Dalam acaranya yang setiap selasa jam 19.30 di TVOne ini menimbulkan banyak kontroversi. Banyak dari episode yang ia bawakan menjadi Trending Topic di situs jejaring sosial. 


Karni, begitu ia akrab disapa, aktif dalam berbagai organisasi wartawan. Ia juga menjadi Presiden dari Jakarta Lawyer Club dan menjabat sebagai Ketua Umum ATVSI atau Asosiasi Televisi Swasta Indonesia.


KARIR


Sejak duduk di bangku SMA, ia sudah menjadi wartawan pada tahun 1972. Pertama kali ia pernah bergabung di Harian Suara Karya, koran Partai Golkar yang paling berpengaruh saat itu. Enam tahun kemudian ia pindah ke Majalah Tempo di tahun 1978. Kemudian saat Tempo dibredel pada 1994. Di sana meniti mulai dari reporter, redaktur senior, sampai redaktur pelaksana.


Tahun 1992, ia ditugaskan Tempo memimpin Majalah Forum. Ia memimpin Majalah  sejak 1992 sampai akhir masa Tempo tahun 1994. Ketika itu ia menjabat sebagai redaktur pelaksana Tempo sekaligus pemimpin redaksi Forum. 


Pada 1999 ia keluar dari Forum dan pindah ke SCTV, langsung menjadi pemimpin redaksi. Forum sendiri sudah dijual Tempo ke orang lain. Ia bergabung di SCTV sampai 2005.


Setelah keluar dari SCTV, ia bergabung dengan ANTV. Ia mendapatkan tempat di Divisi News. Namun pada tahun 2007, ia diberi kepercayaan untuk membenahi TVOne yang dulunya bernama Lativi yang telah diambil alih oleh Bakrie.


Dalam waktu setahun, TVOne sudah menjadi stasiun televisi yang patut dipertimbangkan. Tahun 2008, sosok Bang One lahir. Ia adalah sosok Karni yang dikarikaturkan. Sejak Maret 2008, Bang One selalu muncul di program berita TVOne. Bang One diberi kesempatan untuk memandu acara yang berisi dialog interaktif. Seringnya, ia mengkritisi kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.


Kini, ia juga masih aktif menjadi pembawa acara dialog interaktif yang kontrovesial, Indonesian Lawyers Club di TVone. Banyak tokoh yang dihadirkan oleh Karni dan topik dari dialog tersebut juga sangat menjadi perhatian masryarakat Indonesia.


 


 
Oleh: Dyan Saryani

Show More ▼