Personal
Katon Bagaskara lahir dengan nama Ignatius Bagaskoro Katon tanggal 14 Juni 1966 di Magelang, Jawa Tengah. Sejak kecil, anak ke tiga dari pasangan AR. Djuano dan Agnes Sumarsih ini telah menunjukkan bakatnya. Katon menciptakan lagu pertamanya saat masih kelas VI SD untuk sang kakek yang telah tiada, dengan menggunakan piano kayu kecil.

Katon belajar bermain gitar dari kakak tertuanya, Andre Manika. Secara otodidak, ia berlatih terus dan mulai mencipta lagu dengan gitarnya. Pada awal-awal ia menulis lagu, seringkali Katon cukup terpengaruh oleh beberapa musisi senior, seperti Ebiet G. Ade untuk penulisan lirik, Fariz R.M untuk trend musik, Koes Plus dan juga The Beatles.

Lambat laun, di masa-masa SMA, Katon telah menemukan karakter musikalitasnya sendiri, di antaranya adalah : lirik yang filosofis, estetis dan romantis.

Karir
Pada tahun 1987, Katon pernah bekerja sebagai cabin crew di Perusahaan Penerbangan Garuda. Namun, jiwa seniman yang terpupuk sejak kecil rupanya tidak dapat diredam begitu saja. Akhirnya bersama Lilo, Adi dan Ari; Katon membentuk sebuah kelompok musik yang dinamakan KLa Project.

Bermodal uang tabungan secukupnya, kelompok ini masuk studio rekaman untuk membuat 'sample'. Hasil rekaman tersebut menjadi single Tentang Kita yang termuat dalam album 10 BINTANG NUSANTARA pada tahun 1988. Sampai saat ini, KLa Project telah mengeluarkan delapan buah album, ditambah 2 buah album kompilasi lagu-lagu terbaik mereka.

Untuk solo karirnya, Katon telah mengeluarkan tiga buah album (KATON BAGASKARA, GEMINI, dan HARMONI MENYENTUH). Tahun 1996, Katon juga membukukan puisi-puisinya yang diberi judul BULAN DIBUAI AWAN.

Karir bermusiknya juga membawa Katon mencoba menjadi produser musik. Penyanyi yang diproduserinya adalah Nugie, sebanyak tiga buah album (BUMI, AIR dan UDARA). Tidak hanya menjadi produser, Katon pun pernah menjadi penata vokal dan juga memberikan lagu-lagunya untuk dinyanyikan oleh penyanyi lain.

Pada bulan Oktober tahun 1996, Katon menikah dengan Ira Wibowo, seorang aktris dan juga presenter. Bersama dengan putri pertamanya - Chika Putri Bagaskara (lahir 9 Juni 1993); Katon dan Ira meniti kehidupan baru mereka, dan dari pernikahan tersebut Katon memberi Chika adik laki-laki Andhika Radya Bagaskara (lahir 28 Agustus 1997) dan Mario Arya Bagaskara (lahir 28 Agustus 2002).

Diskografi
Single
Tentang Kita
Yogyakarta
Semoga
Tak Bisa ke Lain Hati
Negeri di Awan
Dinda Dimana
Dengan Logika
Cinta Putih

Show More ▼



Show More ▼