PERSONAL
Dari ajang THE DREAM BAND yang diadakan oleh salah satu televisi swasta pada tahun 2004 silam, Kotak terlahir lewat tangan Dody Isnaini, salah satu personil Kahitna, yang menjabat sebagai produser. Dody lah yang itu melakukan audisi untuk membentuk format band baru yang terdiri atas drummer, gitaris, bassis, dan vokalis.

Pada tanggal 27 September 2004 terbentuklah Kotak dengan format Pare (vokal), Prinzes Amanda/Icez (bass), Mario Marsella/Cella(gitar), dan Haposan Haryanto Tobing/Posan (drum), yang kemudian merilis album pertama yang berjudul Kotak.

Namun, pada tahun 2007, Pare dan Icez mengundurkan diri. Posisi vokal pada akhirnya diisi oleh Swasti Sabda Tantri (Tantri), sedangkan pada bass digantikan oleh Chua, yang kemudian merilis album bertajuk Kotak Kedua pada tahun 2009.

Formasi baru tersebut ternyata membawa kesuksesan besar bagi Kotak. Bukan hanya karena ring back tone (RBT) yang terjual lebih dari satu juta semata, performa mereka di atas panggung juga menjadikan mereka band yang banyak dicari dan mendapat tawaran tur ke berbagai daerah di Indonesia.

Namun sayang, perubahan formasi harus terjadi lagi di tubuh band yang satu ini. Kali ini, Posan yang hengkang dari posisinya sebagai drummer. Kendati demikian, tak menyurutkan semangat Kotak untuk merampungkan album terbaru mereka Energi: Tendangan Dari Langit (Agustus 2011).

KARIR
Dengan mengusung musik modern rock yang sedikit bernuansa dark, serta didukung penampilan gothic, membuat Kotak langsung mendapat tempat di hati para penikmat musik Indonesia.

Debut album pertama diluncurkan pada 2005 dengan title KOTAK. Album self title ini berisi 10 lagu, di antaranya Hilang, Terbang (Khayal), Damai Hati, Kau Pilih Dia, serta banyak lagi lagu lainnya. Album ini cukup diterima oleh para Kerabat Kotak (sebutan fans Kotak).

Selang 3 tahun kemudian, band asal Jakarta ini kembali mengeluarkan album KOTAK KEDUA. Album dengan 12 track ini, berada di bawah label Warner Music Indonesia yang menjagokan hits, Beraksi, Masih Cinta dan Tinggalkan Saja.

Nama Kotak semakin diperhitungkan di belantika musik Indonesia, Terbukti Tantri dkk berhasil meraih Grup Rock Terbaik dan Album Rock Terbaik dalam ajang AMI 2009.

Tak hanya itu, mereka juga mendapat predikat Grup Pendatang Baru Terbaik versi Anugerah Planet Musik 2009, dan meraih Most Favourite Breakthrough Artist 2009 dari MTV Indonesia Awards.

Menjelang akhir 2009, Kotak kembali merilis single teranyarnya. Single dengan judul Pelan-Pelan Saja ini merupakan 'jembatan' menuju album ketiga Kotak yang bertajuk ENERGI, yang dirilis pada November 2010.

DISKOGRAFI
Album:
• The Dream Band "Delapan" (Desember 2004) - album kompilasi
• Kotak (Juni 2005)
• Kotak Kedua (Mei 2008)
• Energi (November 2010)
→ Energi: Tendangan dari Langit (Agustus 2011)

Show More ▼



Show More ▼