PERSONAL

Machica Mochtar lahir di Ujung Pandang, 20 Maret 1970. Ia dikenal sebagai seorang penyanyi dangdut tahun 80-an. Sebagai penyanyi dangdut, Machica kerap diminta tampil untuk menghibur di acara kampanye partai Golkar. Dalam suatu kesempatan, Machica kemudian berkenalan dengan Moerdiono yang saat itu menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Keduanya lalu menjalin hubungan walaupun Moerdiono diketahui telah memiliki seorang istri bernama Maryati.



Machica kemudian menikah siri dengan Moerdiono pada tahun 1993 dengan perkawinan secara siri (diam-diam). Hasil perkawinan pelantun lagu Ilalang itu, dikaruniai anak laki-laki Mohammad Iqbal Ramadhan, yang konon sejak berusia dua tahun tidak pernah berjumpa dengan ayah kandungnya akibat perceraiannya pada 1998.


Tahun 2000 Machica menikah dengan pria Pakistan bernama Chalid Mahmud. Meskipun telah mendapatkan ayah tiri untuk Iqbal, namun Machica tidak berhenti untuk memperjuangkan pengakuan dan hak Iqbal sebagai anak dari Moerdiono. berusaha keras untuk mendapatkan 'hak kasih sayang' atas anaknya dari Moerdiono. Tak kurang usahanya mengadukan mantan suaminya itu ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), karena dianggap melanggar Undang-Undang Perlindungan Anak.


Hingga Moerdiono meninggal dunia pada tahun 2011, kasus pengakuan hak anak ini belum selesai juga. Machica malah terlibat perseteruan baru dengan Poppy Dharsono yang juga merupakan mantan istri Moerdiono. Perseteruan ini berawal dari pernyataan Poppy Dharsono yang menyatakan bahwa pernikahan Machica dan Poppy Dharsono adalah palsu. Pernyataan Poppy tersebut juga dimuat dalam buku mini biografi Poppy dan Moerdiono yang berjudul PAK MOER- POPPY: THE UNTOLD STORY.



Belum selesai persoalannya dengan Poppy, pada bulan September 2012 Machicha kembali terlibat perselisihan dengan sesama pedangdut, Angel Lelga. Perselisihan kedua sahabat ini diawali dari tuntutan Machica kepada Angel Lelga untuk mengembalikan uangnya sebesar Rp 100 juta. Menurut Machica, uang tersebut ia pinjamkan kepada Angel untuk membiayai produksi albumnya yang mandeg. Angel sendiri menolak membayar karena tidak merasa berutang kepada Machica.



Persoalan semakin melebar setelah Machica mengungkapkan pada media bahwa Angel Lelga telah menikah dengan seorang bupati. Pernyataan Machica ini semakin membuat Angel Lelga berang hingga mengajukan tuntutan pidana dan laporan ke Dewan Pers terkait pemberitaan negatif tentang dirinya.


 


DISKOGRAFI
ILALANG - 1994


 


 

Show More ▼



Show More ▼