PERSONAL
Maya Estianty atau lebih dikenal dengan nama Maia Ahmad adalah personel grup Duo Maia yang lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada tanggal 27 Januari 1976.

Maia menikah dengan musisi Ahmad Dhani, pentolan band Dewa 19. Mereka bertemu saat bersekolah di SMAN 2 Surabaya. Maia menikah dengan Dhani saat masih berusia 19 tahun. Dari pernikahan itu, mereka dikaruniai tiga orang anak. Ketiganya diberi nama seperti tokoh sufi yang menjadi idola ayahnya, Ahmad Al Gazali, El Jalaluddin Rumi, dan Abdul Qodir Jaelani.

Akhir tahun 2006, pernikahan Maia - Dhani retak. Hingga tahun 2008, sidang perceraian mereka terus bergulir. Kasus perebutan anak dan harta gono-gini mewarnai sidang. Bahkan mereka berdua sering 'menjatuhkan' satu sama lain lewat media.

23 September 2008 sidang cerai Maia dan Dhani telah berbuah keputusan. Pengadilan Agama Jakarta Selatan mengabulkan gugatan cerai Maia terhadap suaminya.

Selain itu, hak asuh ketiga anak hasil buah cinta musisi ini jatuh ke tangan Maia. Namun sayangnya, hingga kini ketiga anak mereka, Al, El dan Dul masih berada di tangan Dhani. Maia masih berusaha menempuh jalan kekeluargaan untuk memperoleh haknya.

Pada akhir November 2010, Maia Estianty dinobatkan sebagai duta anti kekerasan terhadap perempuan oleh Kementrian Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Maia akan terlibat dalam upaya pencegahan terjadinya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Maia juga akan mengampanyekan bagaimana cara mencegah terjadinya kekerasan, karena KDRT terjadinya diawali adanya persoalan dalam keluarga. KDRT yang dialaminya ketika menjadi istri Ahmad Dhani menjadi pengalaman yang berharga, juga sikapnya yang gigih patuh menjadi contoh perempuan yang lain, yang menghadapi kasus semacam.

KARIR
Sebelum membentuk Duo Maia, Maia sempat membentuk grup musik Ratu bersama Pinkan Mambo, yang juga sama-sama pernah menjadi backing vocal Dewa 19.

Baru satu album mereka keluarkan, BERSAMA (2003), Pinkan mengundurkan diri di tahun 2005. Melalui proses audisi, posisinya digantikan oleh Mulan Kwok (yang berubah nama menjadi Mulan Jameela tahun 2008).

Bersama Mulan, Maia merilis album kompilasi pertama bertajuk RATU & FRIENDS (2005) dengan single Teman Tapi Mesra dan Di Dadaku Ada Kamu. Tahun 2006, Ratu kembali merilis album NO. SATU, dengan lagu andalan Lelaki Buaya Darat dan Dear Diary.

Mulan memutuskan hengkang dari Ratu di awal tahun 2007. Setelah vakum selama 1 tahun Maia kembali dengan formasi Duo Maia, bersama Mey Chan. Mereka merilis album perdana bertajuk MAIA & FRIENDS (2008) dengan lagu andalan Ingat Kamu dan E.G.P.

Selain menyanyi, Maia juga terjun ke dunia akting. Maia sempat menjadi salah satu pemeran komedi Extravaganza di Trans TV di tahun 2006 tetapi kemudian berhenti di tahun 2007. Maia pun sempat bermain beberapa episode di sit-kom OB di (RCTI).

Maia menjadi bintang tamu di film horor LANTAI 13 (2007).

Dalam perkembangan karirnya sebagai musisi, Maia menjadi produser grup vokal Pasto. Serta dalam Duo Maia, ia menggaet artis Cinta Laura untuk duet di lagu Penghianat Cinta. Lagu ini ada di album terbaru Duo Maia, SANG JUARA.

Satu lagi prestasi yang ditorehkan oleh Maia. Pada Mei 2009, lagu ciptaannya, TTM (Teman Tapi Mesra) dibeli oleh salah satu grup di Swedia. Menggunakan irama yang sama, hanya berganti lirik dan judul, Dreaming Of The Time, lagu ini bahkan telah sering diperdengarkan pada salah satu radio di Amerika Serikat.

DISKOGRAFI
RATU
BERSAMA (2003)
RATU & FRIENDS (2005)
NO. SATU (2006)


Duo Maia
MAIA & FRIENDS (2008)
SANG JUARA (2009)


KARIER NON MUSIK
Filmografi

LANTAI 13 (2007) - Bintang Tamu
OH MY GOD (2008) - Pemeran Pendukung
KATA MAAF TERAKHIR (2009) - Pemeran Utama

Acara Komedi
EXTRAVAGANZA (2006 - 2007)
OB (2007)
HAPPY SAHUR (2009)


Iklan TV
Honda Beat (2008)
Tolak Angin
Ale-Ale (2008-2011)
Dove (2009)
Toyota Kijang Innova with Chelsea Rezky (2010)

Show More ▼



Show More ▼