PERSONAL
Nova Soraya adalah aktris Indonesia kelahiran Jakarta, 16 November 1978. Namanya dikenal masyarakat sejak bermain sebagai Ratu Ayu, tokoh antagonis dalam sinetron BIDADARI 2 yang juga dibintangi Ayu Azhari dan Marshanda.


Nova menyelesaikan pendidikannya di SMA SUmbangsih, lalu melanjutkan kuliahnya di jurusan D1 Marketing di Interstudi. Tahun 2002, Nova menkah dengan Kin, personil The Fly. Dua tahun kemudian, rumah tangganya sempat diguncang isu keretakan. Isu ini berawal dari penelusuran media yang menemukan nama Nova Soraya mengajukan gugatan cerai di Pengadilan Negeri Tangerang, namun isu ini kemudian dibantah oleh keduanya.


Lima tahun menikah, keluarga Nova dan Kin dikaruniai putra pertama bernama Kiyano. Sejak kelahiran Kiyano, Nova mulai mengurangi aktivitasnya di dunia hiburan.


KARIR
Setelah lulus kuliah, Nova bekerja sebagai stand guide selama setahun. Berawal dari pameran, Nova kemudian mendapat tawaran dari perusahaan penyelenggara pameran untuk bekerja sebagai PR. Karir Nova sebagai PR tidak berlangsung lama karena ia tidak betah dengan jam kerja yang rutin.


Setelah menjadi PR, Nova mendapat tawaran dari Multivision Plus untuk menjadi presenter acara infotainment Bibir Plus. Meski awalnya hanya menjadi presenter pengganti, namun lama kelamaan Nova menjadi presenter tetap untuk acara tersebut. Setelah eksis sebagai presenter, Nova mulai merambah ke dunia sinetron dengan membintangi sinetron pertamanya yang berjudul DOA MEMBAWA BERKAH 2.



Nama Nova kemudian semakin laris di dunia sinetron. Peran yang ia terima pun semakin bervariasi, tidak melulu seorang ibu muda yang mendapat peran antagonis. Lewat sinetron BIDADARI 2, ia bermain sebagai Ratu Ayu, tokoh antagonis yang jahil dan hanya khayalan. Meski awalnya sempat ragu akan menerima tawaran tersebut karena khawatir akan berdampak pada acara lain yang ia bawakan, Nova akhirnya tetap menerima tawaran tersebut. Keputusannya pun tidak salah karena sejak bermain dalam film tersebut, ia mendapat banyak pujian dan namanya semakin dikenal masyarakat. Sedangkan dalam sinetron NORAK TAPI BEKEN, Nova mendapat peran sebagai Euis, istri kedua yang cerewet dan berasal dari Sunda.



Tahun 2007, seiring dengan kehamilan pertamanya, Nova memutuskan untuk mengurangi kegiatannya di layar lebar. Baru pada tahun 2010 Nova Soraya berani kembali ke dunia hiburan sebagai presenter. Selain menjadi presenter, Nova juga berkesempatan bermain dalam film perdananya yang berjudul THE SEXY CITY. Tahun 2011, Nova kembali bermain dalam film layar lebar berjudul BAIK-BAIK SAYANG bersama band Wali yang berada satu manajemen dengan Nova.


FILMOGRAFI
THE SEXY CITY (2010)
BAIK-BAIK SAYANG (2011)


SINETRON
DOA MEMBAWA BERKAH
MENCINTAIMU
KALAU CINTA JANGAN MARAH
PERMAISURI HATIKU
BIDADARI 2
NORAK TAPI BEKEN
KECIL-KECIL JADI MANTEN


 


 

Show More ▼