Radja merupakan nama sebuah grup band asal Jakarta, dengan personel awal Ian Kasela (vokalis), Moldy (gitaris), Seno (bassist) dan Adit (drummer). Radja berdiri pada 17 Maret 2001 dengan debut album LEPAS MASA LALU dengan hitnya Biar Aku Menjagamu.

Kisah kesuksesan Radja berawal pada 2001, setelah musik demonya diterima oleh sebuah perusahaan musik dan berhasil merilis debut musik rekamannya. Namun sayang akibat manajemen perusahaan, album tersebut gagal di pasaran. Kegagalan tersebut juga berbuah pada perjalanan Radja, termasuk keluarnya dua orang personelnya, Shuma dan Adit.

Awal 2003, Indra mulai bergabung sebagai pemain bass, yang kemudian mengajak kenalannya Seno untuk kemudian memegang drum Radja.

Dengan formasi tersebut, Radja merilis album kedua, yang bertajuk MANUSIA BIASA dengan lagu hits Cinderella dan Jujur. Album tersebut berhasil di pasaran meski dianggap kurang maksimal dalam pemasarannya, sehingga album tersebut dibuat album repackage-nya yang diberi judul LANGKAH BARU (2005) yang berisikan lagu-lagu mereka di album sebelumnya ditambah dengan tiga lagu baru. Album ketiga Radja ini pun sukses melewati target penjualan.

Pada 2006 mereka pun kembali meluncurkan album keempat bertajuk AKU ADA KARENA KAU ADA. Sekali lagi album ini pun mendapat respons yang cukup baik dalam masyarakat. Lagu-lagu Radja populer didendangkan masyarakat.

Dan pada penghujung 2006, Radja kembali berkarya dengan menciptakan album rohani yang diluncurkan pada saat bulan ramadhan. Album Rohani ini merupakan album kelima Radja dan diberi judul 1000 BULAN.

Terakhir, awal 2007, Radja kembali masuk ke dalam studio rekaman untuk mengemas album terbaru mereka. Album keenam mereka bertajuk 6 UNTUK SEMUA.

Dua tahun tak ada album, di tahun 2009 Radja merilis album SELALU ADA yang berisi kumpulan lagu-lagu hit Radja ditambah dengan beberapa lagu baru, seperti Ga Ada Waktu dan Cantik.

Pada awal September 2010, Radja mengadakan syuting video klip untuk single lagu terbaru mereka yang berjudul Kegagalan Cinta. Dalam single dan album yang akan segera rilis ini, Radja memiliki tiga personil baru yaitu Vidin (drum), Aldi (keyboard), dan Ozi (bas) menemani Ian dan Moldy.

Adanya personil baru ini menjadi semangat baru bagi Radja untuk terus berkarya di belantika musik Indonesia walaupun harus merelakan beberapa personil lawas untuk digantikan dengan yang baru.

Show More ▼



Show More ▼