RIA ENES

Perempuan, Islam
29 Juni 1968, Malang
Ria Enes
PERSONAL
Ria Enes yang bernama asli Wiwik Suryaningsih melejit di dunia hiburan bersama bonekanya, Susan. Sayang, lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Dr Soetomo, Surabaya ini memutuskan untuk konsentrasi ke keluarga setelah menikah dengan Irarto Wisnu Takari pada 14 November 1997. Dari pernikahan ini, mereka dikaruniai dua orang putri, Athala Rania Insyra dan Athaya Raissa Insyra. Kak Ria juga mengelola playgroup dan taman kanak-kanak Dunia Susan yang ia dirikan sejak lama.

KARIR
Wanita asal Jawa Timur ini memulai karirnya sebagai penyair di radio Suzanna Surabaya. Setelah sukses menjadi penyiar, Ria Enes menjajal dunia tarik suara, dengan cirinya khasnya yang selalu bersama boneka Susan. Lagu Ada Kodok dan Cita-Citaku melejitkan nama Kak Ria dan Susan di tahun 1990-an.

Setelah sukses sebagai penyanyi, Ria Enes yang dikenal dekat dengan anak-anak ini sikontrak oleh SCTV untuk menjadi presenter Pesta Anak. Dalam acara ini, Kak Ria kembali menghibur anak-anak dengan boneka Susan yang kocak dan lucu. Setelah itu, dia sempat vacuum dari dunia hiburan.

Setelah lama tidak muncul, tahun 2007 Kak Ria dan Susan kembali ke layar kaca dengan mengisi acara Ramadhan untuk anak-anak di sebuah stasiun televisi swasta. Saat ini Ria Enes lebih banyak fokus pada dunia pendidikan anak-anak dengan menyibukkan diri di TK yang dia bangun.

Show More ▼