Saiful Jamil




Saiful Jamil


Biografi :

PERSONAL

Saiful Jamil, akrab dipanggil Ipul adalah penyanyi dangdut yang lahir di Serang, Banten, 31 Juli 1980.

Nama 'panggung' Ipul ini diputuskan untuk diganti menjelang pernikahan keduanya bersama seorang mantan model asal Bandung, Virginia Anggraeni. Sejak ini, namanya pun resmi berganti menjadi Saipul Jamiell.

Sebelumnya, Saiful menikah dengan sesama penyanyi dangdut, Dewi Persik. Mereka menikah pada 26 Mei 2005 di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sumber Sari, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Mereka bertemu pada tahun 2004, saat sama-sama mengisi suatu acara, dan mulai berpacaran Februari 2005.

Baru genap mengarungi bahtera rumah tangga, mereka terancam bercerai setelah Ipul mengajukan gugatan ke Pengadilan Agama Jakarta Utara pada Agustus 2006. Namun keduanya memilih rujuk kembali setelah menjalani tiga kali sidang.

Dari kasus ini juga terkuak, bahwa sebelum menikah dengan Dewi, Saiful pernah menjalin hubungan sangat dekat dengan penyanyi dangdut Citra Yunita.

Isu tak sedap kembali melanda pasangan ini di bulan puasa (September) tahun 2007, Mereka dikabarkan telah pisah rumah selama tiga bulan. Dari sini babak baru konflik keluarga keluarga ini dimulai, hingga berakhir di meja pengadilan.

Seiring dengan itu, Duka menyelimuti Saiful pada 5 Oktober 2007, sang bunda meninggal dunia saat Ipul masih dalam masalah dengan Dewi. Bahkan 6 jam sebelum sang bunda menghembuskan nafas terakhir, Saiful telah mengucapkan talak pada Dewi.

Setelah cukup lama jadi duda, membuat Ipul akhirnya memutuskan untuk membuka hatinya. Ia menjalin hubungan dengan Melinda, seorang penyanyi dangdut. Sayangnya hubungan juga bubar di tengah jalan.

Di awal Maret 2009, Ipul menuai kontroversi. Pada film terbarunya, PIJAT ATAS TEKAN BAWAH, ia diduga telah melakukan pelecehan seksual dengan lawan mainnya, Kiki Fatmala.

Pertengahan Agustus 2009, nama Ipul kembali santer di infotainment. Hal ini karena seorang penyanyi dangdut baru, Elisa, merasa ditipu oleh Ipul, berkaitan masalah wanprestasi promo album terbaru Elisa, HASRAT ELISA. Kabarnya Elisa bakal merilis duet bersama Ipul dan akan dibantu mengangkat pamornya lewat gosip buatan. Dan untuk itu, Elisa konon harus membayar ratusan juta.

Presenter acara HEBOH di ANTV ini kemudian balik melaporkan Elisa pada pertengahan September 2009. Hingga saat ini kasusnya masih ditangani pihak yang berwajib.

Merasa ingin mempelajari dunia hukum lebih dalam, Ipul pun memutuskan kembali ke bangku pendidikan. Ia memilih untuk mendalami ilmu hukum di Universitas Bung Karno, Jakarta.

Pada Juni 2010, kabar tidak menyenangkan sekali lagi menerpa Ipul. Penyanyi dangdut berbadan tegap ini dituduh melakukan pelecehan seksual kepada Devita Rusdi, seorang penyanyi dangdut keponakan Helmi Yahya, pada acara Take Celebrity Out.

KARIR

Selain menyanyi, Ipul juga menjadi pemandu acara kuis TAKDUT di Indosiar, presenter acara HEBOH di ANTV

Tahun 2006, Saiful berpasangan dengan presenter Ussy Sulistiyowati menyabet gelar jawara 'Selebriti Jam', sebuah acara reality show yang menyandingkan artis non penyanyi dengan artis penyanyi.

Di tahun 2008, Saiful Jamil mulai mencoba peruntungannya di dunia akting dengan membintangi film horor yang berjudul SETAN BUDEG. Karinya di dunia akting berlanjut pada film PIJAT ATAS TEKAN BAWAH yang dilakonuinya di tahun 2009.

Rupanya Saiful tidak hanya merambah dunia akting selain bernyanyi. Seperti banyak artis yang mulai terjun ke bidang politik, Saiful Jamil pun mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Walikota kota kelahirannya, Serang mendampingi Ruhyadi Kirtam Sanjaya. Namun, nasibnya di dunia politik rupanya kurang beruntung, dengan urutan ke-7 yang disandang pasangan Saiful-Ruhyadi ini.

Pada Februari 2010, Saiful yang banyak menjadi pemberitaan media terkait kasusnya dan juga hubungannya dengan sang mantan istri, Dewi Perssik, akhirnya membuktikan bahwa karirnya sebagai penyanyi dangdut tidak berakhir. Sebuah single yang berjudul Jomblo diluncurkan, yang merupakan karya seniman musik yang bernama Aji, yang berasal dari Bandung. Single ini bergenre pop, yang merupakan terobosan yang dilakukan Ipul demi mengikuti perkembangan musik Indonesia.

Langkahnya di dunia politik rupanya tidak terhenti ketika pada pertengahan Juli 2010, Ipul kembali mencalonkan diri sebagai calon Wakil Walikota Tangerang, mendampingi Hasnaeni. Namun, rupanya pencalonannya kali ini tidak sebegitu mulus, yang sempat menuai protes dari pemuka agama Tangerang Selatan, warga, dan sekelompok massa, ketika deklarasi pencalonan mereka dilakukan di komplek masjid tanpa ijin, menjelang Maghrib, juga disertai dengan goyang dangdut.