PERSONAL
Shanty memiliki nama lengkap Annissa Nurul Shanty Kusuma Wardhani Heryadie, lahir di Jakarta, 30 Desember 1978. Ia adalah mantan video jockey MTV, yang kemudian menjalani profesi sebagai penyanyi dan juga pernah menjadi bintang film.

Terkait kehidupan pribadinya, Shanty adalah mantan pacar penyanyi Dimas Djayadiningrat. Bahkan keduannya pernah diisyukan melakukan pernikahan siri, meski kemudian dibantahnya.

Selepas dari pelukan Dimas, Shanty tampak dekat cengan seorang bule asal Belanda. tapi hubungan tersebut kandas. Tak lama berselang, Shanty kembali bersama dengan seorang pria amerika latin, Presiden Direktur Bank Danamon, Sebastian Paredes.

Shanty akhirnya menikah dengan sang kekasih, Sebastian Paredes, secara sipil di Kedutaan Ekuador. Suasananya sangat mengharukan. Sekitar 15 orang yang datang, keluarga inti, lima sahabat Shanty, dan saksi saja. Sangat privat. Keduanya kemudian dikaruniai seorang putra yang dinamai Arjuna Lucio Paredes yang lahir pada tanggal 24 Februari 2011 di Mathilda Hospital pada pukul 19.55.

KARIR
Shanty mengawali kariernya sebagai penari latar. Salah satunya adalah menjadi penari latar wanita dalam vidoe klip Inikah Cinta milik kelompok vokal ME. Shanty kemudian menjadi penyiar di radio Prambors. Tak lama kemudian sebuah produk rokok menawarinya menjadi host program televisi yang mereka adakan. Keberuntungan rupanya enggan beralih, Shanty ditawari menjadi VJ MTV. Shanty didaulat menjadi VJ untuk MTV 100% Indonesia, MTV Kampus dan MTV SEA Indonesia.

Seusai kontraknya dengan MTV, ia menekuni dunia tarik suara. Sudah dua album dikeluarkannya, album pertama bertajuk SHANTY (2000) dan album kedua PERSEMBAHAN DARI HATI yang dirilis Desember 2002. Hits dari album ini antara lain Indah Hari Ini, Persembahan Dari Hati, Takkan Habis, Di Belahan Langit Hati, dan Tak Berawal Tak Berakhir.

Tahun 2005, Shanty kembali mengeluarkan album ketiga bertajuk SEPERTI LANGIT. Album ketiga ini merupakan album yang paling berbeda dari kedua albumnya yang terdahulu. Pasalnya, di album ketiga ini ia mengarahkan jenis musiknya ke arah musik yang lebih keras. Namun, lagu Mencari Cinta Sejati yang berirama manis dipilih sebagai single hits-nya.

Tak hanya dalam bidang tarik suara, Shanty pun mencoba menggeluti dunia seni peran. Film pertamanya adalah BERBAGI SUAMI (2006) arahan sutradara Nia Dinata. Walaupun ini adalah film perdananya, Shanty mampu mendapat nominasi sebagai pemeran wanita terbaik Festival Film Indonesia 2006. Apalagi film produksi Kalyana Shira tersebut sempat melanglang ke berbagai festival film internasional.

Film kedua Shanty adalah KALA (2007) besutan Joko. Film ini menarik perhatian dan membuat sensasi dalam perfilman Indonesia. Setelah itu, ia bermain dalam film komedi ringan garapan perdana Monty Tiwa, MAAF, SAYA MENGHAMILI ISTRI ANDA (2007). Film ini menuai kontroversi dan mengundang protes dari berbagai kalangan masyarakat. Meskipun demikian, film ini cukup laris di pasaran.

Masih di tahun 2007, Shanty kembali bermain dalam film garapan sineas perempuan, Nan T Achnas, THE PHOTOGRAPH. Film ini menjadi film pertama Shanty sebagai tokoh utama mendampingi Lim Kay Tong, aktor senior Singapura. Film ini juga diputar di Festival Film Internasional Pusan (PIFF).

Akhir 2007 Shanty akan muncul kembali dalam film produksi Kalyana Shira, LOTUS REQUIEM. Dalam film yang disutradarai oleh empat perempuan ini Shanty memperoleh peran sebagai perempuan Sunda. Selain film, masih di penghujung 2007, Shanty kembali menerbitkan album baru yang mengkompilasi lagu-lagu terbaik dan favoritnya dari tiga albumnya terdahulu. Album kompilasi bertajuk 9907 itu terdiri atas dua lagu baru dan satu lagu remix, satu lagu aransemen ulang, dan sisanya lagu lama. Ia menamai album baru tersebut dengan 9907 yang artinya perjalanan karier menyanyinya mulai 1999 hingga 2007.

Di Gramedia Matraman, Jakarta Timur, pada hari Minggu 18 September 2011, Shanty meluncurkan sebuah buku karyanya yang bertajuk SHANTY: BONGKAR RAHASIA, BAGI CERITA. Buku setebal 372 halaman ini merupakan terbitan Gagasmedia. Shanty dibantu Ve Handojo untuk menyelesaikan buku itu.

Prestasi
Nominasi Pemeran Wanita Terbaik FFI 2006
Most Favorite New Artist (MTV Indonesia 2001)
The Rocketeer (Clear Top 10 Awards 2001)
The Funkiest Female Singer (Clear Top 10 Awards 2001)
Best New Comer (AMI Awards 2001)

FILMOGRAFI
DETIK TERAKHIR (2005)
BERBAGI SUAMI (2006)
KALA (2007)
MAAF, SAYA MENGHAMILI ISTRI ANDA (2007)
THE PHOTOGRAPH (2007)
LOTUS REQUIEM/PEREMPUAN PUNYA CERITA (2008)
TAKUT: FACES OF FEAR (2008) - SEGMEN THE LIST
MERAIH MIMPI (2009) - PENGISI SUARA
RED COBEX (2010)
LASKAR PEMIMPI (2010)
MADAME X (2010)


DISKOGRAFI
Album
SHANTY (2000)
PERSEMBAHAN DARI HATI (2002)
SEPERTI LANGIT (2005)
9907 (2007)
BINTANG UTARA (2010)


Singel
Hanya Memuji (2002)

Presenter
Musik Mingguan ANteve
Pall Mall Light Up the Night
VJ MTV (Sampai 31 Desember 2002)

Buku
BONGKAR RAHASIA, BAGI CERITA (2011)

Iklan
Toshiba
Sunsilk

Show More ▼



Show More ▼