Teuku Adi Fitrian alias Tompi lahir 22 September 1978. Ia adalah penyanyi jazz Indonesia yang dikenal melalui album Bali Lounge dan sejumlah solo albumnya. Pria yang lahir dan besar di Lhokseumawe, Aceh itu, memiliki karakter vokal yang dipengaruhi oleh nyanyian tradisional Aceh yang kerab dibawakannya.

Pria lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang tengah menempuh spesialisasi di bidang bedah plastik itu telah merilis album Cherokee (2004), Bali Lounge (2004), T (2005) dan Soulful Ramadhan (2005). Tompi mengakhiri masa lajangnya pada 1 September 2006 dengan menikahi kekasihnya, Arti Indira yang sudah dipacarinya selama 6 tahun.

Tahun 2007, Tompi kembali meluncurkan album solo keduanya, PLAYFUL. Dengan 13 lagu di dalamnya. Di dalam album ini terdapat lagu anak-anak yang diaransemen dengan musik khas Tompi, Balonku. Lagu ini spesial dilantunkan Tompi demi buah hatinya, Teuku Omar Dakari, yang lahir di Jakarta pada tanggal 4 November 2007.

Meski disibukkan dengan jadwal prakteknya sebagai seorang dokter namun Tompi tetap produktif berkarya menghasilkan lagu-lagu jazz terbaik. Album ketiganya yang diberi judul MY HAPPY LIFE diluncurkan pada 2008. Album ini menjagokan lagu Sedari Dulu sebagai single utama dan disusul dengan single Menghujam Jantungku.

Dua bidang profesi tampaknya masih belum cukup bagi Tompi. Pada pertengahan Juni 2009, ia resmi menambah daftar profesi baru, yakni sebagai presenter. Namun profesinya ini masih berkaitan dengan dunia kedokteran, namun dikemas secara entertainment. Acara yang akan dibawakan Tompi setip Rabu malam adalah Tompi and Friend.


Bulan Agustus 2012, Tompi bersama 22 musisi ternama lainnya terlibat dalam proyek E.F.A (Everyone For Ambon) sebagai bentuk kepedulian terhadap bencana banjir dan longsor di Ambon pada Juli 2012 lalu. Tompi dan rekan-rekan merekam dan menyanyikan lagu berjudul Harapan ciptaan JFlow yang diaransemen oleh Barry Likumahuwa. Lagu ini diharapkan dapat menjadi penyemangat bagi korban bencana Ambon. Selain Tompi, musisi lainnya yang terlibat antara lain Ridho Slank, Mike Mohede, Monita Tahalea, Bayu Risa dan Glenn Fredly.



DISKOGRAFI
CHEROKEE (2004)
BALI LOUNGE (2004)
T (2005)
SOULFUL RAMADHAN (2006)
PLAYFUL (2007)
MY HAPPY LIFE (2008)
PARIS JAKARTA EXPRESS (2009)
TAK PERNAH SETENGAH HATI (2010)
SOUNDS OF RAMADHAN (2011)

Show More ▼



Show More ▼