HOME » SELEBRITI » INDONESIA » U » UNGU


Ungu adalah grup musik Indonesia yang didirikan pada tahun 1996. Saat ini, grup band asal Jakarta ini yang beranggotakan Pasha (Sigit Purnomo S.S./penyanyi), Makki (Makki O. Parikesit/bass), Enda (Franco Medjaya Kusuma/gitar), Onci (Arlonsy Miraldi/gitar), dan Rowman (M. Nur Rohman/drum). Makki adalah satu-satunya personil awal yang masih aktif sampai sekarang, sedangkan Oncy adalah gitaris Funky Kopral yang bergabung dengan Ungu sekitar tahun 2003.

Sampai tahun 2007, Ungu telah menghasilkan empat album dan dua album mini. Album pertama Ungu yang dirilis pada tanggal 6 Juli 2002 bertajuk LAGUKU. Sebelumnya, Ungu juga sempat mengisi dua lagu yang berjudul Hasrat dan Bunga dalam album kompilasi KLIK. Album perdana yang juga berisi lagu-lagu Lakuna, Borneo, Piknik, dan Energy ini mendapat Platinum Award setelah hampir 2 tahun album ini dirilis.
Album kedua pun dirilis Desember 2003 bertajuk TEMPAT TERINDAH yang menjagokan lagu Karena Dia Kamu.

MELAYANG, album ketiga yang dirilis Desember 2005, berhasil mencetak rekor dengan mengantongi double platinum (penjualan lebih dari 300.000 kopi) pada bulan pertama peredarannya. Gaung lagu andalan album ketiga ini, Demi Waktu merambah sampai negeri Jiran dan diperebutkan oleh empat perusahaan label Malaysia yang mengincar hak edarnya.
Album mini SURGAMU dirilis bulan September 2006 untuk menyambut bulan Ramadhan 1427 H. Pada minggu pertama, album ini mencetak penjualan sebanyak 150 ribu kopi.

Album reguler keempat Ungu, UNTUKMU SELAMANYA, dirilis di empat negara di Asia. Album yang mengandalkan lagu Kekasih Gelapku, Cinta dalam Hati, Apalah Arti Cinta dan Ijinkan Aku ini dirilis pada tanggal 9 Agustus 2007 di Kuala Lumpur, Malaysia, 10 Agustus 2007 di Singapura, 12 Agustus 2007 Hongkong, dan puncaknya 15 Agustus 2007 di Jakarta, Indonesia. Setelah itu, menyambut Ramadhan 1428 H, Ungu merilis album religi lagi yang berbentuk mini album bertajuk PARA PENCARIMU. Sebelum mini album ini dirilis, tiga dari lima lagu telah terpilih sebagai soundtrack sinetron religi yang tayang selama Bulan Ramadhan.

Pada 1 Mei 2009, Ungu kembali merilis album teranyarnya, PENGUASA HATIKU. Di album kelima ini, Ungu menjagokan lagu Hampa Hatiku. Menariknya, dalam lagu ini Ungu berduet dengan Iis Dahlia. Dalam lagu yang bercorak dangdut ini, Ungu memang ingin memberikan yang berbeda dari album-album sebelumnya. Selain itu, di album ini Enda sang gitaris, juga menyumbangkan lagu di Badai Kini Berlalu.

PENGHARGAAN
Tahun 2006, Ungu sempat masuk dalam tiga nominasi MTV Indonesia Award 2006, yaitu Most Favorite Group/Band/Duo, Best Director Demi Waktu Abimael Gandy, dan Video of the Year Demi Waktu.
Selanjutnya, dalam ajang "SCTV Music Awards 2007" di Balai Sidang Jakarta (JHCC), Ungu mendapat empat kemenangan. Album SurgaMu yang diproduseri Trinity/Prosound membawa Ungu menjadi penerima penghargaan 'Album Religi', 'Lagu Paling Ngetop' dan 'Video Klip Paling Ngetop' untuk lagu "Andai Kutahu". Sedangkan Melayang dengan lagu andalan "Tercipta Untukmu" memenangkan kategori 'Album Pop Rock Duo/Grup'.

Ungu kembali meraih penghargaan untuk kategori 'Band Ngetop' di ajang SCTV Music Awards 2007, yang berlangsung di JCC Senayan Jakarta, Jumat, 24 Agustus 2007. Dalam ajang itu, Ungu berhasil menyisihkan grup band lainnya, seperti Ada Band, Peterpan, Radja, dan pendatang baru yang mendadak populer, Kangen Band. Pada tahun 2007, Ungu bersama Samsons dan Naff, dijuluki 'The Rising Star' band oleh penyelenggara konser musik akbar Soundrenaline, A Mild Live Productions dan Deteksi Productions, serta raksasa label rekaman Musica Studio.

BUKU
Pada Kamis, 10 Mei 2007, Ungu berhasil meluncurkan sebuah buku biografi berjudul A MILD LIVE UNGU BOOK MAGAZINE. Buku yang disponsori oleh A Mild Live Productions dan Trinity Optima Production tersebut dicetak sebanyak 40 ribu eksemplar dan memuat biografi masing-masing personil, diskografi, foto-foto, dan bahkan chord lagu-lagu Ungu.

SOSIAL DAN AGAMA
Pasca peluncuran album religi mereka pada pertengahan 2007, Ungu melakukan ibadah umroh bersama-sama untuk pertama kalinya. Selain itu, sebagai wujud penghargaan kepada para fans, Ungu juga memberikan beasiswa kepada lima orang fans Ungu yang kurang mampu.

DISKOGRAFI
ALBUM STUDIO

2002: LAGUKU
2003: TEMPAT TERINDAH
2005: MELAYANG
2007: UNTUKMU SELAMANYA
2009: PENGUASA HATI
2010: 1000 KISAH SATU HATI


ALBUM RELIGI
2006: SURGAMU
2007: PARA PENCARIMU
2008: AKU DAN TUHANKU
2009: MAHA BESAR


ALBUM SOUNDTRACK
2007: COKLAT STROBERI
2008: AYAT AYAT CINTA
2009: SANG PEMIMPI


ALBUM KOMPILASI
2000: KLIK
2004: SENYAWA
2005: FROM US TO U
2006: DUETS BY REQUEST

Show More ▼



Show More ▼