PERSONAL
Shaleh Mahmud, atau lebih akrab dengan sapaan Ustadz Solmed seorang Da'i kondang kelahiran Jakarta, 19 Juli 1983 yang kini sedang naik daun. Walaupun bisa dikatakan pendatang baru, namun karir anak tunggal dari pasangan H. Nadjamuddin dan Hj. Salmah ini begitu cepat melejit sehingga namanya mulai dikenal di mana-mana.

Sejak awal kemunculannya di televisi, ia sudah banyak digemari. Ketampanan fisik yang didukung dengan kecerdasan, daya intelektual dan penyampaian materi ceramah yang straight to the point juga membuat namanya kian melesat. Karenanya tidak salah jika Ustadz Solmed menjadi tokoh masyarakat yang cukup digemari saat ini.

Selain dikenal sebagai Da'i, Ustadz yang satu ini juga dikenal sebagi sahabat karib Ustad Jeffri Al Buckhori (Uje). Berawal dari pertemuan mereka dalam acara Tabligh Akbar, akhirnya terjalin hubungan persahabatan yang cukup kental. Bahkan Uje sempat menggandeng Ustadz Solmed untuk teman duet ceramah dalam acara religi Damai Indonesiaku.

Terkait hubungan pribadinya, Ustad Solmed telah melamar seorang gadis yang bernama April Jasmine pada hari Senin, 17 Oktober 2011 di kediaman April. Pasangan ini kemudian meresmikan hubungan mereka dengan ikatan pernikahan pada tanggal 11 November 2011 (11-11-11) di Masjid Al Muhajirin, Ciledug, Tangerang.


Belum sampai setahun umur penikahannya dengan April, keduanya harus menerima kenyataan pahit bahwa kedua buluh rahim April mengalami pembengkakan sehingga salah satunya harus diangkat. Hal ini menyebabkan kemungkinan bagi keduanya untuk memiliki anak semakin sulit. Saat ini, April sedang dalam masa pemulihan pasca operasi. Kesehatannya akan dimonitor dokter selama beberapa bulan ke depan untuk melihat perkembangan kesehatan buluh rahim yang tidak diangkat.

KARIR
Tak hanya sekedar Da'i yang kondang dadakan, perjalanan hidup Ustadz Solmed ternyata bertebaran dengan prestasi di bidang agama. Pada Tahun 2000, ia pernah menyabet gelar Juara Umum Lomba Pidato atau Ceramah, untuk tingkat Nasional yang diselenggarakan di Masjid Istiqlal Jakarta. Prestasi itu membuatnya semakin percaya diri untuk ceramah menyampaikan ayat-ayat Allah. Setelah lulus dari Madrasah Aliyah, pria ini mulai ceramah dari satu mushola ke mushola lainnya. Perjalanan tersebut jugalah yang mempertemukannya dengan Uje.

Karir Ustadz Solmed berawal dari kehadirannya di Sinetron PESANTREN DAN ROCK ‘N ROLL. Berkat perannya dalam sinetron tersebit, namanya terdongkrak dan berkibar sehingga portfolio acara televisi yang menghadirkan pria Batak – Betawi ini cukup banyak.

Di samping sibuk dengan penggarapan sinetron stripping tersebut, Ustadz Solmed juga membintangi beberapa iklan produk. Saat ini dia tercatat sebagai ikon baju koko berkualitas Al Mia. Namun demikian, semua itu tidak membuatnya lupa pada tugasnya sebagai Da'i. Dia tetap ceramah memenuhi undangan dari para fansnya sehingga tidak akan sulit untuk menemukan wajahnya setiap hari di televisi.

Saat ini, Ustadz Solmed telah menjadi pemandu beberapa acara dakwah Program Religi Cahaya Hati di ANTV, Program Religi Assalamu’alaikum Ustadz di RCTI dan Program Religi Akhirnya Aku Tahu di Global TV. Setiap hari dilakoninya dengan semangat dan hati yang riang gembira.

Di sela kesibukannya, Ustadz Solmed berangkat ke Tanah Suci untuk beribadah umroh sekaligus bekerja. Kali ini dia diminta untuk mempersiapkan tayangan Ramadhan untuk Global TV. Bagi beliau program ini sangat unik dan menarik, karena selain bermanfaat untuk menambah pengatahuan kita tentang rahasia kebesaran Allah SWT, acara ini juga akan menambah tingkat keimanan kita kepada sang Pencipta. Di Ramadhan ini, Ustadz Solmed juga akan meliris Buku Dakwah yang diberi judul 'Menjadi Soulmate Allah' yang akan diterbitkan oleh Zikrul Hakim.

PENGHARGAAN
Juara Umum Lomba Pidato & Ceramah Nasional di Istiqlal (Thn 2000)

PROGRAM TV
Assalamu'alaikum Ustadz (RCTI)
Cahaya Hati (ANTV)
Titian Qolbu (TV One)
Damai Indonesiaku (TV One)
Teropong Iman (Trans TV)

ICON PRODUK
Al Mia, pelopor baju koko berkualitas

SINETRON RELIGI
ANAK-ANAK CAHAYA TVRI (2011)
PESANTREN DAN ROCK 'N ROLL SCTV (2011)

Show More ▼



Show More ▼