YESSY GUSMAN

Perempuan, Islam
21 Juli 1962, Jakarta
Yessy Gusman
PERSONAL
Yasmine Yuliantina Yessy Gusman S.H., M.B.A dikenal sebagai Yessy Gusman lahir di Jakarta, 21 Juli 1962 adalah bintang film terkenal era tahun 1980-an.

Yessy pernah menikah dengan Djoko Tingkir Tjakra (Okky) pada 5 Desember 1985 dan dikaruniai dua orang anak, Javan Dave Djakra dan Cherro Adimas Djakra. Setelah mengarungi bahtera pernikahan selama 17 tahun, mereka bercerai akhir September 2002.

Tiga tahun menjanda, Yessy menambatkan hati pada pengusaha asal Kalimantan Timur, Ir. Syachruddin bin Hasan Batong, M.B.A.. Mereka menikah tanggal 10 Juli 2005. Namun baru 4 bulan menikah, sang suami langsung terganjal kasus illegal logging dan harus masuk bui. Belum usai kasus tersebut, Syachruddin harus menghadapi gugatan cerai Yessy pada bulan Oktober 2007, dua tahun setelah mereka menikah.

KARIR
Yessy mengawali karier keartisannya sejak tahun 1974. Namanya melejit lewat film GITA CINTA DARI SMA yang dibintanginya bersama Rano Karno. Film yang pernah dibintanginya antara lain ROMI & YULI, PUSPA INDAH TAMAN HATI, BUAH TERLARANG, NERACA KASIH, dan TALI MERAH PERKAWINAN.

Yessy pun pernah masuk sebagai nominee Aktris terbaik Festival Film Indonesia tahun 1981, dalam film USIA 18, arahan Teguh Karya. Sosoknya tiba-tiba menghilang seiring dengan gulung tikarnya industri perfilman nasional.

Setelah dua puluh tahun lebih tidak lagi aktif di panggung seni peran, Yessy muncul kembali dengan penampilan yang berbeda. Di samping penampilan fisik yang kini tidak lepas dari kerudung panjangnya, ia juga tampil dengan 'gelar' yang berbeda. Predikat pemerhati pendidikan disandangkan kepadanya setelah ia memutuskan menekuni dunia pendidikan, terutama pendidikan anak.

Berkat aktivitasnya ini, Mendiknas A. Malik Fadjar pada 16 Desember 2003 menyematkan penghargaan kepadanya atas prestasinya dalam meningkatkan minat baca masyarakat melalui Taman Bacaan Anak yang diberi nama Yayasan Bunda Yessy. Ia telah mendirikan 46 Taman Bacaan Anak (TBA) dan Sanggar Kreativitas Anak di bawah naungan Yayasan Bunda Yessy.

Sebelumnya, pada 3 Mei 2003 lulusan Golden Gate University of San Fransisco ini lebih dulu mendapat penghargaan dari MIZAN atas kepeduliannya mendukung penyediaan sarana taman bacaan bagi masyarakat.

FILMOGRAFI
* ROMI DAN JULI (1974)
* BUAH TERLARANG (1979)
* GITA CINTA DARI SMA (1979)
* PUSPA INDAH TAMAN HATI (1979)
* REMAJA-REMAJA (1979)
* SELAMAT TINGGAL DUKA (1980)
* USIA 18 (1980)
* TALI MERAH PERKAWINAN (1981)
* NERACA KASIH (1982)
* SUMPAH KERAMAT (1988)

Show More ▼



Show More ▼