PERSONAL
Zaskia Adya Mecca yang dikenal sebagai seorang aktris Indonesia yang pernah masuk nominasi sebagai Aktris Sinetron Wanita Terbaik dalam Piala Vidya (FFI) adalah dara kelahiran Jakarta, 8 September 1987. Zaskia sendiri adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Paramadina Jakarta.

Zaskia dalam penampilannya selalu memerankan pribadi muslimah yang selalu berkerudung sebagaimana kehidupan sehari-harinya. Penampilan Zaskia yang santun, sempat sedikit tercoreng setelah ditemukan sebuah foto yang menunjukkan aktivitas Zaskia sedang merokok. Zaskia memang tidak menampik, jika ia memang perokok namun ia sedang berusaha berhenti.

Terkait kehidupan asmaranya, hubungannya yang cukup serius dengan salah satu aktor Indonesia, Sahrul Gunawan, sempat menjadi pemberitaan media. Zaskia juga pernah dikabarkan menjalin hubungan dengan aktor lain, Tommy Kurniawan, juga dengan seorang pria asal Turki. Alaa Muthalib. Yang terakhir, Zaskia dikabarkan menjalin hubungan dengan sutradara muda, Hanung Bramantyo, yang juga adik ipar dari Ferry Ardiansyah, seorang aktor.

Zaskia yang selama ini selalu mengelak terkait hubungannya dengan Hanung, akhirnya melepas masa lajangnya dengan sutradara berbakat tersebut. Tepat pada Senin (14/9), bertempat di Masjid At Taqwa, Kebayoran Baru, Jaksel, ijab kabul antara Hanung dan Zaskia dilaksanakan. Duda beranak satu ini menikahi Zaskia dengan mas kawin Rp 80.987.000, yang mencerminkan tanggal lahir Zaskia.

Pada awal 2010, Zaskia dikabarkan tengah hamil muda setelah pernikahannya yang dilangsungkan pada 14 September 2009. Beberapa berita menyebutkan Zaskia mengalami beberapa masalah fisik yang cukup normal pada masa-masa awal kehamilanya, seperti muntah-muntah, penurunan berat badan, dan kehamilan yang dapat dibilang kecil, yang akhirnya memaksa Zaskia untuk lebih banyak beristirahat dari banyak syuting.

KARIR
Zaskia memulai karirnya sebagai seorang aktris dari ajang pemilihan Model Kawanku 2001, yang menyita perhatian sebuah rumah produksi, yang akhirnya membawanya untuk menjadi pemeran pendukung pada sinetron BIDADARI, yang melejitkan nama Marshanda.

Sinetron yang melejitkan namanya adalah KIAMAT SUDAH DEKAT arahan sutradara Deddy Mizwar. Dalam sinetron tersebut, anak kedua dari tujuh bersaudara ini berperan sebagai Sarah, seorang perempuan yang menggunakan jilbab, sebagaimana penampilannya dalam keseharian.

Selain KIAMAT SUDAH DEKAT, Zaskia juga membintangi CINTA SMU, HABIBI DAN HABIBAH, SENANDUNG MASA PUBER, CINTA SMU dan LORONG WAKTU. Pada tahun 2007, Zaskia turut membintangi film layar lebar KUN FAYAKUN, film religi karya ustad Yusuf Mansyur yang di-launching akhir 2007.

Zaskia juga membintangi film arahan sutradara Indonesia Hanung Bramantyo bertema religi AYAT-AYAT CINTA. Film ini diangkat dari novel berjudul sama karangan Habiburrahman El Shirazy, di mana Zaskia memerankan tokoh Noura Bahadur, sebuah peran antagonis untuk kali pertama baginya.

Setelah pernikahannya dengan sutradara Hanung Bramantyo, wanita cantik ini akan segera kembali dari kevakumannya dengan berperan dalam PPT (PARA PENCARI TUHAN), yang melaksanakan syuting pada April 2010 dan reading pada Mei 2010. Zaskia mengaku banyak menolak tawaran sinetron striping dan lebih mempertimbangkan FTV dan film-film yang berkualitas.

FILMOGRAFI
SINETRON
* BIDADARI
* CINTA SMU
* KIAMAT SUDAH DEKAT
* HABIBI DAN HABIBAH
* SENANDUNG MASA PUBER
* KUBERSIMPUH PADAMU EPS JANGAN AMBIL NYAWAKU
* LORONG WAKTU
* PARA PENCARI TUHAN
* AQSO DAN MADINA

FILM
* AYAT-AYAT CINTA (2007)
* KUN FAYAKUUN (2008)
* DOA YANG MENGANCAM (2008)
* MENEBUS IMPIAN (2010)
* SANG PENCERAH (2010)

Show More ▼



Show More ▼