Zivilia adalah band pendatang baru di dunia musik Indonesia yang memulai kiprahnya sejak 8 Agustus 2008 di Kendari.

Pada awalnya, band ini bernama Zifhilia, namun setelah hijrah ke Jakarta dan bergabung dengan label mayor Nagaswara, namanya diubah menjadi Zivilia.

Personel band ini awalnya terdiri dari 4 orang yaitu Zulkifli alias Zul (vokal), Idham (bass), Amed (gitar) dan Amy (drum. Namun setelah beberapa saat bergelut dengan dunia musik, Zivilia hanya digawangi dua orang yaitu Zul (Zulkifli), dan Idham Akbar. Mereka menggunakan Obot (drummer MangLo Band) sebagai additional player.

Single mereka yang sudah sangat tenar berjudul Aishiteru dan Karena Cinta. Diakui Zul, sang vokalis, bahwa berdirinya band ini terjadi dengan tidak sengaja, sepulangnya dirinya dari Jepang untuk bekerja di Nagoya selama 5 tahun.

Zul sudah mencipta beberapa lagu-lagu berjender aliran Jepang. tidak kurang dari 20 lagu tercipta, dengan beberapa kali menampilkannya di sana (Jepang).

Nama Zivilia juga dicetuskan oleh Zul yang terdiri dari dua gabungan kata 'Zif' dan 'Fhilia/Philia'. 'Zi' adalah singkatan dari Zul dan Idham, sedangkan 'philia' bermakna cinta dan kasih sayang bagi band ini.

Nama Zivilia yang semakin menanjak tercoreng dengan kasus yang melubatkan sang vokalis, Zul. Zul dilaporkan ke pihak berwajib oleh seorang wanita bernama Fhilia Rahayu Ningsih yang ternyata adalah istrinya yang masih tinggal di Kendari bersama kedua anak mereka, Muhammad Alfik Fikri dan Aisyah Ulfhi Khalia.

Kasus yang dilaporkan adalah penelantaran yang dilakukan oleh Zul sejak dirinya terkenal. Zul sendiri mengaku masih lajang dan belum menikah, padahal dirinya sudah memiliki istri dan anak di kampung halamannya di Kendari.

Sampai awal September 2010, tidak ada itikad baik dari pihak Zul maupun manajemen untuk menyelesaikan masalah ini.

Show More ▼



Show More ▼